STRATEGI PENENTUAN PERINGKAT BRAND BERDASARKAN JEJARING SOSIAL PERCAKAPAN PADA MEDIA SOSIAL TWITTER (STUDI KASUS PADA TELKOMSEL, XL DAN INDOSAT)

BEBYTA EKA APRILIYANTI

Informasi Dasar

16.04.194
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Seiring dengan peningkatan pengguna internet, perangkat mobile dan penggunaan jejaring sosial tentu akan berdampak pada meningkatnya jumlah data yang dihasilkan oleh pengguna (UGC). Data yang dihasilkan dari pengguna jejaring sosial tentu saja dapat digunakan dan dimanfaatkan seperti untuk menentukan peringkat brand. Menggunakan percakapan pengguna jejaring sosial twitter untuk menentukan peringkat brand tentu saja lebih efektif dan efisien hanya saja parameter yang digunakan berbeda dengan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan studi kasus pada operator seluler di Indonesia yaitu Telkomsel, XL dan Indosat.

Dalam menentukan peringkat operator seluler tersebut digunakan sebuah parameter yaitu properti jaringan seperti size ,diameter, modularity, density, average degree, average path length, clustering coefficient dan connected components.

Penelitian ini menggunakan metode social network analysis (SNA). Sumber data penelitian ini berasal dari twitter berisi kata kunci “Telkomsel”, “XL” dan “Indosat” baik berupa mention, reply maupun retweet dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Berdasarkan hasil perhitungan properti jaringan tersebut, peringkat untuk setiap parameternya berbeda-beda. Terdapat dua parameter size dan diameter yang memiliki peringkat sama dengan metode konvensional. Strategi yang digunakan juga berbeda-beda tergantung properti jaringannya.

Apabila membandingkan seluruh parameter yang ada maka hasil penentuan peringkat brand operator seluler menggunakan metode SNA kebetulan sama dengan menggunakan metode konvensional. Peringkat pertama adala Telkomsel, kedua adalah XL dan ketiga adalah Indosat. Untuk dapat mempertahakan atau meningkatkan peringkatnya maka yang harus dilakukan adalah membuat konten yang menarik sehingga dapat menarik perhatian pengguna dan bekerja sama dengan akun populer untuk saling follow sehingga jaraknya semakin pendek dan penyebaran informasinya akan lebih mudah dan cepat.

Kata Kunci : Operator Seluler; Properti Jaringan; Social Network Analysis (SNA); Strategi;Twitter; ; User Generated Content (UGC)

Subjek

SOCIAL NETWORKS
 

Katalog

STRATEGI PENENTUAN PERINGKAT BRAND BERDASARKAN JEJARING SOSIAL PERCAKAPAN PADA MEDIA SOSIAL TWITTER (STUDI KASUS PADA TELKOMSEL, XL DAN INDOSAT)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BEBYTA EKA APRILIYANTI
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini