Persepsi Dialek Bahasa Batak Dalam Pandangan Orang Sunda (Studi Etnografi Komunikasi Pada Mahasiswa Sunda Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom)

OSLINER SIRINGORINGO

Informasi Dasar

16.04.241
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Dialek adalah variasi suatu bahasa tertentu yang dituturkan oleh sekumpulan penutur dalam suatu masyarakat bahasa. Dialek dapat menjadi suatu alat untuk membedakan suatu budaya yang berbeda. Bahasa sendiri banyak ragamnya, terkait dengan bermacam-macam kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat. Oleh karena, penggunaan bahasa dan dialek dalam kehidupan bermasyarakat tidak akan lepas dari peranan bahasa yang digunakan oleh anggota-anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi orang Sunda dalam melihat penggunaan dialek bahasa Batak oleh mahasiswa Batak di Fakultas Komunikasi Bisnis, Universitas Telkom.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan paradigma interpretif dengan metode studi etnografi komunikasi. Data yang digunakan diperoleh dari hasil wawancara mendalam, observasi dan juga teori yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan atau fokus penelitian yang ada.

Dalam hasil penelitian ini telah dijelaskan bagaimana persepsi mahasiswa Sunda dalam melihat penggunaan dialek bahasa Batak oleh mahasiswa Medan berdasarkan elemen konteks terjadinya proses komunikasi dan interprestasi pemaknaan variasi bahasa yang terbentuk dari sub-suku yang ada dalam budaya Batak tersebut.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa interaksi dalam konteks terjadinya proses komunikasi banyak terjadi di kampus Fakultas Komunikasi Bisnis. Bukan hanya di lingkungan kampus, dalam lingkungan kehidupan sehari-hari pun banyak ditemukan oleh mahasiswa Sunda tersebut. Dengan begitu, mahasiswa yang awalnya mengalami culture shock ketika mendengarkan mahasiswa medan berbicara dengan suara keras mulai terbiasa dan menyesuaikan diri dengan keadaan tersebut. Bahkan, karena mereka sering melihat secara langsung interaksi komunikasi antar mahasiswa Medan, membuat mahasiswa Sunda lebih tahu dan mengerti akan budaya Batak. Sehingga antara Sunda dan Batak tidak terjadi kesalahpahaman atau misskomunikasi yang terjadi.

Kata Kunci: Dialek Bahasa Batak, Persepsi dialek bahasa, Komunikasi, Variasi bahasa Batak, Interaksi Sosial.

Subjek

COMMUNICATION-SCIENCE
 

Katalog

Persepsi Dialek Bahasa Batak Dalam Pandangan Orang Sunda (Studi Etnografi Komunikasi Pada Mahasiswa Sunda Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

OSLINER SIRINGORINGO
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini