TINJAUAN KONFIGURASI MIMBAR GEREJA TERHADAP TATA CARA IBADAH PELAYAN MIMBAR (STUDI KASUS: GEREJA KRISTEN KALAM KUDUS TAMAN KOPO INDAH BANDUNG)

LYDIAWATI

Informasi Dasar

16.04.466
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mimbar gereja sebagai tempat bagi umat Kristiani mendengarkan Firman Tuhan dan memberikan pujian penyembahan. Mimbar gereja yang dilayani pelayan mimbar memiliki konfigurasi yang berbeda sesuai tata cara ibadahnya. Penelitian ini ingin meninjau bagaimana konfigurasi mimbar yang sesuai dengan tata cara ibadah kontemporer pelayan mimbar di Gereja Kristen Kalam Kudus Taman Kopo Indah Bandung. Pola pergerakan pelayan mimbar memberikan kontribusi besar bagi konfigurasi mimbar gereja.

Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan metode Think-Aloud Protocol Analysis. Pada metode ini, setiap pelayan mimbar diminta melakukan reka adegan ulang praktek ibadah di atas mimbar dengan menyebutkan proses dan perasaannya secara verbal. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya fakta dan ekspektasi dari pelayan mimbar yang berbeda. Fakta dan ekspektasi pola pergerakan pelayan mimbar yang dianalisa dengan teori bentuk grid serta teori zona persinggungan menghasilkan daerah pemetaan yang menunjukkan area yang terpakai dan area yang tidak terpakai. Area yang tidak terpakai dapat menjadi solusi perubahan posisi bagi permasalahan aksesibilitas tangga di tengah mimbar yang dialami oleh pelayan mimbar.

Berdasarkan analisa pola pergerakan pelayan mimbar dengan teori bentuk grid, maka konfigurasi mimbar gereja yang sesuai harus ditinjau dari pola pergerakan pengguna mimbar sendiri. Melalui penelitian ini, gereja dapat meninjau bagaimana konfigurasi yang sesuai dengan apa yang dialami pelayan mimbar tata cara ibadahnya terhadap pola pergerakan dari setiap pelayan mimbar.

Kata kunci : Konfigurasi, Mimbar, Kontemporer, Pola Pergerakan, Pelayan Mimbar

Subjek

JOURNAL OF INTERIOR DESIGN
 

Katalog

TINJAUAN KONFIGURASI MIMBAR GEREJA TERHADAP TATA CARA IBADAH PELAYAN MIMBAR (STUDI KASUS: GEREJA KRISTEN KALAM KUDUS TAMAN KOPO INDAH BANDUNG)
 
 
Bahasa Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LYDIAWATI
Perorangan
Carina Tjandradipura
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini