Dalam sistem pembelajaran tradisional memiliki kekurangan dimana sistem menyajikan konten materi yang sama untuk setiap user. Permasalahan tersebut tentu menjadi tidak adil bagi sebagian user dan dapat mempengaruhi proses pembelajaran dari user tersebut. Untuk menangani permasalahan tersebut maka dibutuhkan suatu sistem adaptif yang sesuai dengan apa yang diinginkan user, dapat diakses kapan saja, dan dimana saja. Konsep tersebut kemudian dikenal dengan istilah ubiquitous learning. Presentasi adaptif merupakan salah satu bagian dari pengembangan sistem adaptif dimana disediakan konten dalam bentuk teks, video, audio, maupun gambar yang bersifat adaptif.
Salah satu dasar dalam pengembangan sistem adaptif adalah penentuan user model. Parameter yang dapat dijadikan sebagai user model adalah aktivitas user pada media sosial dan media pembelajaran (LMS). Saat ini terdapat dua media sosial yang paling popular dan paling banyak digunakan yaitu Facebook dan Twitter. Selain itu, saat ini terdapat LMS yang cukup popular yaitu Moodle.
Pada pengerjaan TA ini, akan dibangun sistem presentasi adaptif berdasarkan aktivitas user pada media sosial dan LMS. Aktivitas user yang didapatkan akan dipetakan dalam bentuk Felder-Silverman Learning Style Model (FSLSM). Metode perhitungan yang digunakan adalah dengan teori probabilitas. Hasil perhitungan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi, dasar rekomendasi presentasi, dan dasar rekomendasi penyajian konten multimedia materi dari sistem yang akan dibangun.
Kata kunci : ubiquitous learning, presentasi adaptif, user model, FSLSM, teori probabilitas.