Pemaknaan Cover Majalah (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Cover National Geographic Indonesia Edisi Spesial November 2015)

WAHYUNI SAHARA

Informasi Dasar

16.04.659
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Pada edisi November 2015 redaksi majalah National Geographic untuk pertama kalinya tidak menggunakan foto ataupun ilustrasi pada cover majalahnya. Ini sangat berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya. Majalah National Geographic merupakan salah satu media massa cetak yang ikut mengkritik isu perubahan iklim melalui cover majalahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna dari cover majalah tersebut dengan menganalisis elemen-elemen visual pada cover majalah yang terdiri dari warna, teks dan tipografi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma konstruktivisme yang menggunakan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Menurut Roland Barthes, terdapat beberapa tahap dalam menganalisis sebuah tanda, yaitu denotasi, konotasi, serta mitos hingga tahap ideologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap elemen-elemen visual yang digunakan pada cover majalah ini memiliki makna yang terkandung didalamnya. Makna teks pada cover majalh ini menujukkan kritikan dari National geographic terhadap isu perubahan iklim, tipografi pada headline dan subheadline merupakan sebuah ekspresi dari National Geographic terhadap keprihatinannya pada isu perubahan iklim yangterjadi, selanjutnya warna kuning yang dominan pada cover edisi November 2015 yaitu mewakili identitas dari National Geographic. Selain itu juga penelitian ini menunjukkan mitos bahwa warna kuning pada masyarakat Indonesia dianggap sebagai warna kedukaan dan ideologi pada cover majalah National Geographic dipengaruhi oleh lembaga atau pimpinan redaksi majalah tersebut.

Kata Kunci : Cover, Majalah, Semiotika, Roland Barthes

Subjek

MASS COMMUNICATION
 

Katalog

Pemaknaan Cover Majalah (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Cover National Geographic Indonesia Edisi Spesial November 2015)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WAHYUNI SAHARA
Perorangan
Iis Kurnia Nurhayati S.S., M.Hum
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini