Semakin pesatnya pengguna internet di Indonesia, semakin banyak juga web e-commerce yang dibuat oleh pengguna. Para pemilik web e-commerce ingin para pembeli mendapatkan produk sesuai keinginanya. Beberapa web e-commerce menyediakan page review dari pengunjung lain terkait produk yang dijual. Dalam beberapa penelitian tentang knowledge-based recommender system mayoritas rekomendasi produk berdasarkan nilai fitur produk. Dalam penelitian kali ini, kami mencoba pendekatan baru dengan melibatkan review produk. Selain review, kebutuhan fungsional pengguna juga akan diikutkan untuk penelitian kali ini. Selanjutnya sebagai karakteristik knowledge-based, kami menggunakan ontology. Sedangkan domain ontology yang digunakan adalah smartphone.
Dalam merekomendasikan produk, pengguna menginginkan hasil recommender system sesuai kebutuhan fungsional. Kebutuhan fungsional pengguna memiliki banyak indikator atau atribut yang mempengaruhi, sehingga dalam recommender system ini menggunakan MAUT (Multi Attribute Utility Theory) sebagai metodenya. Hasil perbandingan menggunakan TAM (Technology Acceptance Model) antara MAUT tanpa fitur review dan MAUT dengan fitur review membuktikan bahwa MAUT dengan fitur review lebih dapat diterima oleh pengguna.
Kata kunci : recommender system, ontology, knowledge-based, feature review,MAUT,TAM.