PT. XYZ merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi di Indonesia. Tujuan dari disediakannya inventori pada PT. XYZ adalah untuk membantu memenuhi permintaan pasar yang didistribusikan melalui retailer-retailer yang menjadi perpanjangan tangan PT. XYZ.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap salah satu petinggi dari PT XYZ, terdapat permasalahan dari alur proses bisnis pengelolaan pemesanan jasa inbound dan outbound yang ada. Salah satu yang paling utama adalah bagaimana cara untuk memperkirakan kapan akan melakukan pemesanan produk ke gudang pusat guna menjaga persediaan yang ada di gudang inventori regional. Selain itu, belum adanya integrasi format dokumen antar kedua sistem eksisting menyebabkan adanya data-data yang hilang (miss) karena perbedaan format atau selama proses pemesanan berlangsung. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, pada penelitian ini diusulkan sebuah aplikasi inventory management system (IMS).
IMS dikembangkan menggunakan metode Iterative Incremental. Setiap aktivitas di dalam setiap fase memiliki tujuan yang berbeda terkait dengan pengembangan IMS secara iteratif. Melalui penelitian ini, didapatkan hasil berupa alokasi stok yang terdapat di gudang menjadi lebih efisien dalam melakukan penjadwalan untuk pemesanan ulang (re-order) produk yang terorganisir dan dalam perekaman dokumen untuk aktivitas inventori.