PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI LAYANAN VoIP DAN APLIKASI SOFTPHONE UNTUK SMARTPHONE BERBASIS ANDROID

Lucky Widya Pramesti

Informasi Dasar

114080020
005.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dewasa ini internet sudah tersedia hampir di semua instansi ataupun lembaga pendidikan. Demikian halnya pada Wing 3, Dinas Logistik, dan Skuadron Udara 3 yang sudah cukup lama dilengkapi layanan internet. Ketiga Skuadron tersebut terletak saling berjauhan satu sama lain, melihat kondisi seperti itu muncul gagasan untuk menciptakan layanan VoIP dengan tujuan antara lain, untuk memaksimalkan penggunaan layanan internet dan memangkas biaya penggunaan telepon analog.

Setelah dilakukan analisa terhadap kualitas VoIP yang diimplementasikan di ketiga tempat tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa layanan VoIP yang diimplementasikan memenuhi standard yang direkomendasikan oleh ITU-T hanya saja untuk ukuran jitter yang menurut rekomendasi ITU-T G.1010 harus <1 ms masih belum dapat terpenuhi.

Dalam tugas akhir ini selain untuk membangun layanan VoIP pada ketiga Skuadron tersebut, juga akan dibuat aplikasi softphone untuk smartphone berbasis Android yang dapat diimplementasikan langsung pada layanan VoIP yang dibangun. Pemilihan sistem operasi Android ini karena saat ini OS Android sangat berkembang pesat dan mulai banyak vendor ponsel yang mulai menggunakan Android sebagai sistem operasinya. Untuk pembuatan program, bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa pemrograman Java.

Menurut hasil pengujian yang telah dilakukan pada aplikasi ini, didapatkan hasil yang menyatakan fungsi pada aplikasi ini berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Selain itu, aplikasi ini dapat mendukung penggunaan layanan VoIP yang dibuat.

Subjek

NOVELS
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI LAYANAN VoIP DAN APLIKASI SOFTPHONE UNTUK SMARTPHONE BERBASIS ANDROID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Lucky Widya Pramesti
Perorangan
Asep Mulyana, ST.,MT. ; Budhi Irawan, SSi.,MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini