PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI MOBILE INFORMASI PARIWISATA SUMATERA BARAT BERBASIS GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (GIS)

Ivvan Salim Al Ridha

Informasi Dasar

114080031
005.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pariwisata merupakan salah satu devisa negara terbesar yang dimiliki oleh Republik Indonesia. Selain itu, pariwisata merupakan salah satu pintu gerbang untuk memperkenalkan keragaman budaya dan kekayaan alam Indonesia. Salah satu wilayah yang sering dikunjungi oleh turis lokal maupun asing adalah Sumatra Barat, Sumatra Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beragam objek wisata yang eksotis dan selalu menarik untuk dikunjungi. Provinsi Sumatra Barat memiliki beberapa kekurangan dalam hal publikasi kegiatan budaya dan objek wisata, salah satunya adalah tidak adanya aplikasi untuk smartphone yang mempublikasikan objek-objek wisata dan kegiatan budaya.

Tujuan dari tugas akhir ini adalah membuat dan mengaplikasikan sebuah aplikasi smartphone berbasis Android untuk menunjang sistem informasi objek-objek wisata dan kegiatan budaya yang terdapat di Sumatra Barat. Untuk mendukung sistem informasi ini, teknologi GIS (Geographic Information System) dapat digunakan sebagai media pendukung, sehingga aplikasi semakin mudah digunakan untuk mengetahui objek-objek yang berada di kota-kota di Sumatra Barat. Selain itu, wisatawan dapat dengan cepat dan mudah menemukan objek-objek wisata yang terdapat di Sumatra Barat dan mengetahui kegiatan budaya apa saja yang sedang berlangsung dengan bantuan aplikasi ini.

Pada Tugas Akhir ini, sistem informasi dan GIS (Geographic Information System) digabung ke dalam satu aplikasi smartphone, sehingga aplikasi ini memberikan kemudahan untuk mengetahui objek-objek di Sumatra Barat. Perangkat yang digunakan adalah smartphone berbasis Android.Dari hasil pengujian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa aplikasi ini dapat menjalankan semua fungsi dan fitur sesuai dengan yang diharapkan. Aplikasi ini juga membantu user untuk mengetahui objek-objek di Sumatra Barat.

Subjek

APPLICATION PROGRAMM
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI MOBILE INFORMASI PARIWISATA SUMATERA BARAT BERBASIS GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (GIS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ivvan Salim Al Ridha
Perorangan
Budhi Irawan, S.SI., M.T. ; Purba Daru Kusuma, ST.,MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini