PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI MOBILE INFORMASI TEMPAT FUTSAL DAN PEMESANAN BERBASIS GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM

Akhid Hendriyahita

Informasi Dasar

114080034
005.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi di dunia semakin hari semakin meningkat. Salah satu perkembangan teknologi yang paling pesat adalah ICT (Information and Communication Technology). Perkembangan ICT di Indonesia disambut baik oleh setiap lapisan masyarakat, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya jumlah penggunaan internet dan gadget di Indonesia. Salah satu gadget yang banyak digunakan saat ini adalah smartphone berbasis OS android. Selain perkembangan ICT, kebutuhan olahraga di Indonesia juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari semakin bertambahnya masyarakat Indonesia yang melakukan kegiatan olahraga. Salah satu olahraga yang paling banyak diminati saat ini adalah futsal. Pertumbuhan lapangan futsal di wilayah Indonesia terus bertambah di setiap kota, tidak terkecuali di kota Bandung. Namun, pertumbuhan lapangan futsal di kota Bandung ini tidak didukung oleh penyampaian informasi yang cepat dan akurat mengenai fasilitas, lokasi dan jadwal lapangan futsal, sehingga masyarakat merasa kesulitan untuk mendapat informasi yang mereka butuhkan.

Pada tugas akhir ini, dibangun suatu aplikasi mobile informasi tempat futsal dan pemesanan yang dapat memberikan informasi tempat futsal yang meliputi lokasi, fasilitas dan jadwal tempat futsal. Selain memberikan informasi tempat futsal, aplikasi ini juga memberikan fasilitas pemesanan tempat futsal secara on-line. Aplikasi ini dijalankan pada gadget yang berbasis sistem operasi android.

Dari hasil pengujian yang telah dilakukan terhadap 30 responden, diperoleh hasil pengujian dari setiap pertanyaan sebagai berikut, 60% menyatakan interface menarik, informasi tempat futsal yang disediakan lengkap dan mempermudah user dalam memperoleh informasi tempat futsal, 63% menyatakan aplikasi mudah dimengerti dan dapat berjalan dengan baik, 53% menyatakan sistem voucher dapat membantu proses pemesanan, 40% menyatakan aplikasi ini dibutuhkan oleh user, 73% menyatakan aplikasi ini mudah diakses dan mempermudah proses pemesanan, 47% menyatakan fitur – fitur yg terdapat pada aplikasi cukup sesuai dengan kebutuhan user. Aplikasi dapat berjalan dengan baik menggunakan koneksi WLAN dan HSDPA dengan rata – rata 4,702 detik dan 4,576 detik. Memori yang digunakan oleh aplikasi informasi tempat futsal dan pemesanan adalah 51,58% dari total memori yang disediakan.

Subjek

APPLICATION PROGRAMM
Skripsi, REFERENCE, APPLICATION,

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI MOBILE INFORMASI TEMPAT FUTSAL DAN PEMESANAN BERBASIS GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Akhid Hendriyahita
Perorangan
Budhi Irawan, S.Si., M.T. ; Purba Daru Kusuma, ST.,MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini