Perancangan dan Realisasi Sistem Pengendali Alat Elektronik Pada Ruangan Berbasis Mikrokontroler ATmega

Nico Smartanto

Informasi Dasar

114080048
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada saat ini listrik merupakan kebutuhan utama. Hampir disetiap kegiatan sehari-hari yang dilakukan manusia tidak lepas dari peran energi listrik dan alat-alat yang menggunakan energi listrik untuk dapat beroperasi. Hampir disetiap bangunan baik rumah maupun gedung bertingkat menggunakan dan membutuhkan aliran listrik untuk mengoperasikan alat-alat elektronik yang ada didalamnya.

Namun sampai saat ini penggunaan perangkat elektronik seperti lampu dan pendingin udara masih dioperasikan secara manual. Hal ini sangat berpeluang menimbulkan pemborosan penggunaan energi listrik saat ruangan tidak sedang digunakan. Hal ini sering terjadi pada gedung perkantoran atau perkuliahan yang memiliki tingkat kesibukan penggunanya cukup tinggi. Hal ini menyebabkan mereka terkadang lupa mematikan alat elektronik yang ada pada ruangan dan menyebabkan pemborosan yang cukup besar, terlebih lagi pada gedung yang memiliki banyak ruangan.

Oleh karena itu, pada tugas akhir ini dibuatlah sebuah sistem otomatis berbasis mikrokontroler ATMEGA untuk dapat mengendalikan pemakaian listrik secara otomatis dan menghilangkan faktor human error atau kecerobohan manusia yang berpeluang menimbulkan pemborosan listrik. Sistem ini mampu mendeteksi keberadaan manusia dalam sebuah ruangan, mengukur intensitas cahaya, mengukur suhu ruangan dan menjaga serta mengendalikan kondisi ruangan agar dalam keadaan ideal saat digunakan dan mati saat tidak diperlukan.

Subjek

MICROCONTROLLER PROGRAMMING
 

Katalog

Perancangan dan Realisasi Sistem Pengendali Alat Elektronik Pada Ruangan Berbasis Mikrokontroler ATmega
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nico Smartanto
Perorangan
Muhammad Nasrun SSi., MT. ; Agung Nugroho Jati ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini