Perancangan dan Implementasi Motion Detector Pengontrol Aksi Kursor Mouse Menggunakan Metode Color Tracking

DERRY ADITIYA

Informasi Dasar

114080050
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebutuhan manusia akan bantuan komputer telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, mulai dari kegiatan kantor seperti mengolah data, presentasi, hingga sebagai sarana hiburan seperti bermain game. Hal ini tidak lepas dari perkembangan perangkat input komputer sebagai penghubung antara pengguna dengan komputer. Perangkat input komputer yang semakin berkembang menghadirkan bentuk interkasi baru dalam memberikan perintah kepada komputer. Diawali dengan perangkat keyboard saat pertama kali hadirnya komputer hingga digunakannya perangkat mouse saat ini sebagai pointing device pada GUI (Graphical User Interface). Pada saat ini interaksi dengan komputer menggunakan gerak tubuh manusia bisa dibilang sebagai perkembangan teknologi input terbaru. Dengan teknologi ini interaksi dengan komputer dirasa menjadi lebih atraktif.
Sistem pendeteksi gerak bisa dibangun menggunakan perangkat sederhana seperti webcam pada komputer untuk bisa melakukan pendeteksian gerak berdasarkan optik/citra. Dalam implementasinya, deteksi gerak berdasarkan citra bisa menggunakan beragam metode yang salah satunya adalah color tracking. Dengan menggunakan color tracking maka pengamatan gerak akan tertuju hanya pada objek dengan intensitas RGB yang telah ditentukan.
Dari serangkaian pengujian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa aplikasi ini dapat menjalankan semua fungsi dan fiturnya sesuai dengan yang diharapkan. Aplikasi ini menyajikan bentuk interaksi baru antara pengguna dengan komputer dalam menggantikan beberapa fungsi perangkat mouse, yaitu memindahkan posisi kursor mouse, klik, dan menahan klik.

Subjek

Automatic control
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Motion Detector Pengontrol Aksi Kursor Mouse Menggunakan Metode Color Tracking
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DERRY ADITIYA
Perorangan
Budhi Irawan, MT. ; Muhammad Nasrun, SSi., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini