SISTEM PENGUNCI OTOMATIS MENGGUNAKAN SISTEM MIKROKONTROLLER DENGAN RFID DAN FREKUENSI SINYAL GELOMBANG RADIO

Cakra Pramana Putra

Informasi Dasar

114080072
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Akhir-akhir ini pencurian motor di indonesia semakin banyak terjadi. Kejahatan itu terjadi karena adanya kesempatan. Oleh karena itu sebagian besar bentuk pencurian motor akibat dari kelalaian pengguna motor yang lupa untuk mengunci motor dengan benar. Hal ini disebabkan karena kebanyakan orang sibuk dengan kerjaannya sehingga saat terburu-buru mengerjakannya dia lupa atau bahkan malas mengunci motor dengan aman.

Dengan adanya hal tersebut maka dibuat pengaman motor yang memudahkan pengguna tidak menghabiskan banyak waktu dalam melakukan penguncian. Oleh karena itu di buatlah sistem kunci motor otomatis untuk memudahkan pengguna dalam mengamankan motornya. Cara kerja sistem ini adalah saat motor di matikan, pengguna tinggal menekan tombol maka ada beberapa sistem yang bekerja. Pertama mesin motor menjadi mati total dan gear motor terkunci sehingga motor tidak dapat di maju mundurkan. Hanya bisa di jalan kan kembali dengan RFID yang ada di pengguna motor. Akan tetapi jika menggunakan rfid yang salah, maka sistem pada motor akan mengirim sinyal kepada pengguna, untuk memberi tahukan bahwa ada yang ingin mencoba menyalakan mesin motor.

Sistem ini dapat bekerja dengan menggunakan daya dari aki motor, dengan menghabiskan ±15 watt untuk daya paling kecil dari semua sistem dan yang menggunakan daya paling besar adalah solenoid dan ATmega16. Pada komunikasi data dengan RF APC220 mencapai jarak masimal ±80m dengan kondisi lapang atau terbuka dan kondisi bergedung mencapai ±40m. Dari sistem tersebut juga terdapat delay untuk menjalankan program yaitu 1.9 detik untuk delay program mengunci dan 2.63 detik untuk program membuka.

Subjek

MICROCONTROLLER PROGRAMMING
 

Katalog

SISTEM PENGUNCI OTOMATIS MENGGUNAKAN SISTEM MIKROKONTROLLER DENGAN RFID DAN FREKUENSI SINYAL GELOMBANG RADIO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Cakra Pramana Putra
Perorangan
Budi Irawan, S.Si., MT. ; Agung Nugroho Jati, ST.,MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini