Perancangan Dan Implementasi Remote Kontrol Perangkat Elektronik Rumah Tangga Berbasis Komunikasi Bluetooth Pada Handphone Android

Mahatta Dinata

Informasi Dasar

114090118
005.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ada banyak perangkat elektronik yang digunakan di rumah yang beberapa diantaranya sudah dikendalikan melalui remote (TV,AC) dan masih banyak yang dikendalikan secara manual (lampu, dispenser, dll). Mekanisme pengontrolan yang ada ternyata mempunyai keterbatasan dan kekurangan. Untuk mekanisme konvensional/manual, kita tidak bisa melakukan pengontrolan ketika tidak berada ditempat. Kita juga tidak bisa melakukan pengontrolan banyak perangkat dalam satu waktu. Selain itu juga masih terdapat resiko terkena loncatan api pada saat melakukan pengontrolan dengan interface kendali yang ada sekarang seperti steker. Untuk perangkat yang sudah dikendalikan melalui remote, ternyata mekanisme pengontrolannya pun masih belum efektif, karena masing-masing perangkat AC atau TV dikendalikan dari remote yang berbeda. Hal ini tentu tidak efektif dan efisien karena semakin benyak perangkat yang digunakan berarti semakin banyak juga remote untuk mengendalikannya.

Dalam tugas akhir ini dirancang sistem remote perangkat elektronik rumah tangga dari handphone Android berbasis komunikasi Bluetooth. Secara umum, sistem dibagi atas dua blok perancangan yaitu perancangan perangkat lunak (software) dan perancangan perangkat keras (hardware). Perancangan perangkat lunak adalah untuk membangun aplikasi disisi pengguna, yaitu pada Android. Perancangan perangkat keras ditujukan untuk mengatasi masalah komunikasi data antara Android dan perangkat elektronik yang akan dikontrol dan sebagai pengendali eksekusi kontrol terhadap perangkat elektronik rumah tangga. Perangkat keras yang dibangun akan mengatasi komunikasi Bluetooth antara Android (remote) dengan perangkat yang akan dikontrol.

Tugas akhir ini menghasilkan sebuah sistem remote kontrol menggunakan handphone Android yang dapat meningkatkan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan pengontrolan perangkat elektronik rumah tangga. Jarak pengontrolan maksimal yang dapat dilakukan untuk kasus ruangan tanpa obstacle adalah hingga 30 meter, sedangkan untuk ruangan dengan obstacle, sistem dapat berkomunikasi hingga jarak 10 meter. Sistem dapat mengangkat seluruh perangkat rumah tangga dan terbatas hingga perangkat yang mempunyai daya lebih dari 2200 W. Untuk keadaan tertentu, pengontrolan dapat dilakukan dengan cara mengontrol automatic on/off pada perangkat rumah tangga yang diinginkan dan pada waktu yang diinginkan.

Subjek

ANDROID
 

Katalog

Perancangan Dan Implementasi Remote Kontrol Perangkat Elektronik Rumah Tangga Berbasis Komunikasi Bluetooth Pada Handphone Android
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Mahatta Dinata
Perorangan
Astri Novianty ; Agung Nugroho Jati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini