Pengaruh Social Media Communication Terhadap Intention to Buy (Objek Penelitian Followers Akun Instagram @HijUp)

IRA NURUL ADHANI

Informasi Dasar

16.04.833
658.834 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sejak awal pertama kemunculannya,internet memperlihatkan perkembangan yang tak pernah diduga sebelumnya. Pengguna internet yang terus meningkat. Menurut perhitungan we are social pada id.techinasia.com Pengguna internet aktif di seluruh dunia kini mencapai angka 31,7 miliar. Dari tahun ke tahun, jumlah pengguna internet bertumbuh hingga 7,6 persen. Sebagai negara berkembang dengan jumlah penduduk 255,5 juta orang,terdapat 72 juta penduduk yang secara menggunakan media sosial. Instagram mengalami peningkatan sebanyak 100 juta pengguna sejak Desember 2014. Dalam riset yang dilakukan Global Web Index pada kuartal empat 2013, dan dipublikasikan pada Januari 2014 tersebut, tercatat Facebook hanya memiliki pertumbuhan pengguna aktif sebesar 3 persen sementara Instagram, mencapai 23 persen. HijUp didaulat sebagai salah satu startups e-commerce berasal dari Indonesia dengan pertumbuhan bisnis paling cepat di Asia. Salah satu buktinya adalah meskipun bermodal awal Rp 5 juta,HijUp memiliki omset sekitar Rp 500 – Rp 1 miliar. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh komunikasi media sosial terhadap minat pembelian konsumen pada followers akun Instagram @HijUp. Lalu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh social media communication yang terdiri dari firm-created social media communication dan user-generated social media communicaton terhadap brand attitude. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah followers akun Instagram @HijUp dengan jumlah sampel sebanyak 404 responden. Penelitian ini menggunakan SmartPLS versi 2.0 dan Sobel Test untuk mengolah data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai R-Square untuk intention to buy adalah 0.49 yang menunjukkan bahwa variabel intention to buy dapat dijelaskan oleh variabel brand attitude sebesar 49 % dan sisanya 51 % dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Kemudian nilai R-Square untuk variabel brand attitude adalah sebesar 0.43 yang menunjukkan bahwa variabel brand attitude dapat dijelaskan oleh variabel firm-created social media communication dan user-generated social media communication sebesar 43 % dan 57 % sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand attitude berpengaruh positif terhadap purchase intention. Brand attitude dipengaruhi oleh firm-created social media communication dan user-generated social media communication.User-generated social media communication memiliki pengaruh paling besar terhadap brand attitude. Kata kunci : brand attitude, firm-created social media communication,intention to buy,user-generated social media communication

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
SOCIAL MEDIA-COMMUNICATION IN MARKETING,

Katalog

Pengaruh Social Media Communication Terhadap Intention to Buy (Objek Penelitian Followers Akun Instagram @HijUp)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IRA NURUL ADHANI
Perorangan
Indrawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini