PERILAKU KONFORMITAS ANGGOTA KOMUNITAS HANSAMO BANDUNG

DHANUR DARA RUFA DILLA

Informasi Dasar

16.04.917
302.207 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Budaya Korea sudah membawa pengaruh terhadap dunia musik Indonesia, sehingga banyak bermunculan boygroup dan girlgroup di Indonesia. Dalam setiap Negara pasti ada komunitas yang terbentuk dari individu yang memiliki ketertarikan terhadap budaya Korea, seperti HANSAMO Bandung yang menjadi salah satu komunitas yang menyukai Korea. Dalam sebuah komunitas pasti adanya saling ketergantungan antara anggota lainnya sehingga mudah terdapat perilaku konformitas. Konformitas merupakan salah satu macam pengaruh kelompok pada perilaku komunikasi, dimana konformitas bisa terjadi dimana saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku konformitas dari anggota HANSAMO Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus deskriptif. Dimana yang menjadi kasus ini adalah komunitas HANSAMO Bandung. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa komunitas HANSAMO Bandung memiliki tiga kategori dalam perilaku konformitas yaitu peraturan, cara berpenampilan dan pengaruh lingkungan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah para anggota HANSAMO Bandung tanpa sengaja telah menerima konformitas dalam kelompok, dimana konformitas tersebut terjadi tanpa kesadaran dari individu masing-masing sehingga membuat berbagai pengaruh lingkungan tersebar diantara para anggotanya.

Kata Kunci: Korean wave, konformitas, komunitas

Subjek

Communication-psychology
 

Katalog

PERILAKU KONFORMITAS ANGGOTA KOMUNITAS HANSAMO BANDUNG
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DHANUR DARA RUFA DILLA
Perorangan
Nofha Rina, Adi Bayu Mahadian
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • COH2A3 - PSIKOLOGI KOMUNIKASI
  • COH2B3 - TEORI KOMUNIKASI
  • COH2A3 - PSIKOLOGI KOMUNIKASI
  • COH2B3 - TEORI KOMUNIKASI
  • KII1H3 - TEORI KOMUNIKASI
  • KII2C2 - PSIKOLOGI KOMUNIKASI
  • KHI1H3 - TEORI KOMUNIKASI
  • KHI1I3 - PSIKOLOGI KOMUNIKASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini