PERANCANGAN SISTEM ASSET MANAGEMENT BERBASIS ODOO DENGAN SOFT SYSTEM METHODOLOGY DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH BANDUNG

RIZA RAHMA PUTRI

Informasi Dasar

16.04.1024
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung (RSMB) adalah rumah sakit swasta kelas C yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis terbatas dan menampung pelayanan rujukan dari puskesmas. Pada saat ini pengelolaan aset di RSMB masih tergolong rumit dengan adanya perbedaan kategori aset pada bagian logistik dan akuntansi.Selain itu proses yang ada saat ini belum didukung dengan sistem pengelolaan aset yang berfungsi dengan baik untuk mempermudah dan meningkatkan operasional rumah sakit. Proses pencatatan dan pemeliharaan aset di RSMB pada saat ini memakan waktu yang lama. Selain proses yang lama, masih ditemukan adanya perbedaan data pada pencatatatan aset yang dilakukan di bagian logistik dengan laporan aset yang berada di bagian akuntansi pada saat perpindahan aset terjadi.

 

Perancangan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) manajemen aset di RSMB menggunakan Soft System Methodology. Soft System Methodology merupakan sebuah metode penelitian yang dapat memecahkan masalah berupa perubahan secara berpikir sistem dan pembelajaran dengan pendekatan stakeholder.

 

Hasil dari penelitian ini adalah rancangan manajemen aset menggunakan Odoo yang bertujuan untuk membantu mengatasi masalah manajemen aset dan agar proses manajemen aset dapat terdokumentasi dengan baik.

 

Dengan menggunakan fitur-fitur manajemen aset yang disediakan Odoo, pencatatan aset dapat dilakukan dengan waktu yang tidak lama dan mengeliminasi kemungkinan terjadinya ketidaksamaan data di bagian logistik dan akuntansi. Perhitungan penyusutan aset dan pelaporan aset dapat dilakukan dengan menggunakan Odoo. Bagian manajemen aset dapat mengakses informasi secara real-time dengan menggunakan fitur yang tersedia.

 

Kata Kunci : Asset Management, ERP, Odoo, Soft System Methodology

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM ASSET MANAGEMENT BERBASIS ODOO DENGAN SOFT SYSTEM METHODOLOGY DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZA RAHMA PUTRI
Perorangan
Luciana Andrawina, R. Wahjoe Witjaksono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini