Perancangan Semantic Similarity based on Word Thesaurus Menggunakan Pengukuran Omiotis Untuk Pencarian Aplikasi pada I-GRACIAS

AKIP MAULANA

Informasi Dasar

16.04.1043
003.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Proses pencarian dengan cara konvensional akan membuat pengguna I-GRACIAS bingung apabila keyword yang dimasukkan memiliki ejaan kata yang berbeda dengan nama aplikasi yang ada. Semantic similarity adalah suatu pendekatan untuk menangani pencarian dengan mengandalkan nilai keterhubungan antar-term yang dibentuk dari Wordnet. Pendekatan semantic similarity yang digunakan adalah Path-based dengan Wu and Palmer (WUP) sebagai metode perhitungan semantic similarity. Omiotis merupakan metode yang ditujukan untuk mengukur derajat relevansi antar-dokumen. Terdapat dua komponen utama dari perhitungan Omiotis. Komponen tersebut adalah lexical relevance dan semantic similarity.

Pada komponen lexical relevance, Omiotis melakukan proses pembobotan terhadap masing-masing lexical dengan menggunakan TF IDF terlebih dahulu. Setelah itu, Omiotis menghitung lexical relevance dari pasangan dokumen menggunakan harmonical mean dari hasil TF IDF. Lexical relevance sangat berpengaruh pada Omiotis, karena jika mengandalkan semantic saja, maka akan menurunkan derajat relevansi dari hasil Omiotis seperti yang dijelaskan pada hasil pengujian.

Pengujian Omiotis menggunakan dataset Semeval 2014 task 3 dan dataset I-GRACIAS. Dengan menggunakan kedua sumber dataset tersebut bisa membuktikan bahwa Omiotis bisa diterapkan pada data I-GRACIAS. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan dataset I-GRACIAS Omiotis memiliki nilai korelasi Pearson 0,38. Sedangkan dengan dataset Semeval 2014 task 3 Omiotis memiliki nilai korelasi Pearson 0,29 dan mencapai peringkat 30 dari 38 peserta. Selain itu, dengan menggunakan dataset Semeval 2014 task 3 Omiotis lebih unggul dibandingkan PairingWord, dimana PairingWord yang penulis lakukan berbeda dengan PairingWord yang dikenalkan oleh Tim Meerkat Mafia, meskipun masih menggunakan metode yang sama dengan PairingWord dari Meerkat Mafia perbedaan pada semantic dan preprocessing.

Dengan demikian, proses pencarian yang awalnya menggunakan cara konvensional akan diubah dengan pendekatan Semantic Textual Similarity (STS). Oleh karena itu, pada tugas akhir ini Omiotis ditujukan untuk menghitung kemiripan antar-dokumen dengan menggunakan pendekatan Path-based sebagai metode semantic similairty, yang mana masih memiliki ketergantungan dengan Wordnet. Sehingga mampu membantu menangani masalah pencarian aplikasi di I-GRACIAS.

Kata Kunci: semantic similarity, lexycal relevance, Omiotis, PairingWord, Wordnet.

Subjek

Information retrieval - computer science
 

Katalog

Perancangan Semantic Similarity based on Word Thesaurus Menggunakan Pengukuran Omiotis Untuk Pencarian Aplikasi pada I-GRACIAS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AKIP MAULANA
Perorangan
Mochammad Arif Bijaksana, M. Syahrul Mubarok
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Informatika
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini