Strategi Penyampaian Konten Pada Context Aware Ubiquitous Learning System dengan Menggunakan Teknik CASPS

NENDI JUNAEDI

Informasi Dasar

16.04.1340
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem pembelajaran saat ini sudah berkembang dari electronic-learning menjadi mobile-learning dan mobile-learning menjadi ubiquitous-learning. Ubiquitous learning merupakan sebuah pembelajaran yang menggunakan teknologi ubiquitous, dimana pembelajaran yang diberikan terhadap user berdasarkan context-awareness. Pada tahap pembelajaran terdapat assessment. Assessment merupakan suatu hal yang penting dalam proses pembelajaran karena dapat mengukur pemahaman siswa dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu konten. Assessment pada E-Learning tidak dilakukan analisis terhadap hasil assessment, sehingga siswa tidak mendapatkan feedback dan hanya mendapatkan informasi nilai saja. Strategic-context merupakan salah satu dari context-awareness yang ada. Strategic-context dapat memberikan strategi pembelajaran dan strategi penyampaian konten, dimana strategi tersebut akan dijadikan sebuah rencana pembelajaran bagi siswa. Dalam penelitian ini akan dilakukan pengembangan sistem ubiquitous learning untuk penyampaian konten berdasarkan context-awareness menggunakan teknik CASPS yang telah dimodifikasi. CASPS akan melakukan analisis pada hasil assessment yang dilakukan oleh siswa, sehingga menghasilkan feedback dan content recomendation kepada siswa. Sehingga siswa akan mendapatkan konten yang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya berdasarkan hasil assessment tersebut. Pengujian pada penelitian ini dilakukan dengan memberikan remedial quiz dengan pertanyaan yang sama dengan quiz sebelumnya, hal ini dilakukan agar memiliki bobot pengukuran yang sama. Hasil dari pengujian tersebut dapat meningkatkan nilai quiz, hal tersebut merepresentasikan meningkatnya pemahaman user karena telah diberikan rekomendasi konten berdasarkan analisis assessment. Konten yang diberikan mengacu pada learning outcomes yang berada di peta capaian pembelajaran (tree of learning outcomes). Akan tetapi penambahan modul create forum tidak memberikan dampak yang signifikan sebagai media pembelajaran bagi siswa karena dari hasil pengujian tidak ada satu pun siswa yang melakukan diskusi di forum yang telah dibuat.

Kata kunci: ubiquitous learning, context-awareness, assessment, strategic-context, CASPS, feedback, content recomendation

Subjek

E-LEARNING
 

Katalog

Strategi Penyampaian Konten Pada Context Aware Ubiquitous Learning System dengan Menggunakan Teknik CASPS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NENDI JUNAEDI
Perorangan
Mira Kania Sabariah, Nungki Selviandro
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Informatika
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini