Simulasi Gelombang Pantai 3D Menggunakan Metode Smoothed Particle Hydrodynamics

AHMAD FAIZ KAFIE RITONGA

Informasi Dasar

16.04.1368
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tugas akhir ini memfokuskan pada simulasi gelombang air yang dibangkitkan oleh gerakan piston. Tujuan dari simulasi ini adalah untuk mengetahui pengaruh frekuensi piston terhadap ketinggian gelombang air yang dihasilkan. Simulasi ini menggunakan metode Smoothed particle hydrodynamics (SPH) yang dijalankan pada software DualSPHysics. Dalam simulasi ini terdapat 9 skenario frekuensi piston yang berbeda-beda dengan setiap skenario terdapat dua frekuensi piston yang berbeda. Analisis dari hasil simulasi dilakukan untuk mengetahui ketinggian maksimum gelombang air berdasarkan frekuensi piston yang diberikan. Hasil dari DualSPHysics divisualisasikan kedalam software Blender untuk mendapatkan hasil simulasi yang mendekati real. Berdasarkan hasil simulasi dapat diperoleh bahwa ketinggian gelombang maksimum didapatkan pada piston dengan frekuensi f1 = 1 Hz dan f2 = 1 Hz dengan ketinggian 1,395 m.

Keyword : SPH, simulasi, aliran fluida, gelombang air

Subjek

SIMULATION AND MODELING
 

Katalog

Simulasi Gelombang Pantai 3D Menggunakan Metode Smoothed Particle Hydrodynamics
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHMAD FAIZ KAFIE RITONGA
Perorangan
Dede Tarwidi, Jondri
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komputasi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini