Penelitian ini berjudul “Komunikasi Pembelajaran Guru PAUD dalam Pembentukan Karakter Anak” bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi pembelajaran yang efektif yang dilakukan guru PAUD dalam pembentukan karakter anak di PAUD Lembah Madu. Penelitian ini membahas mengenai 1) rencana pembelajaran PAUD, 2) metode pembelajaran PAUD 3) proses komunikasi pembelajaran PAUD, dan 4) evaluasi pembelajaran PAUD.
Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pembuatan rencana pembelajaran PAUD Lembah Madu merujuk pada kurikulum PAUD 2013 yang diatur oleh pemerintah dengan berbasis tema, 2) Metode pembelajaran yang digunakan PAUD Lembah Madu disesuaikan dengan tahap perkembangan anak meliputi metode bermain, metode bernyanyi, metode demonstrasi dan metode karyawisata, 3) proses komunikasi pembelajaran melibatkan komponen berupa guru, pesan berupa bahan ajar, sarana, murid dan umpan balik yang saling berkaitan, 4) evaluasi pembelajaran dilakukan melalui catatan harian, catatan anekdot, portofolio, buku komunikasi dan laporan perkembangan anak (LPA).