Strategi Perancangan Program Acara Hiburan di Televisi Publik Indonesia ( Studi Kasus Strategi Perancangan Program Acara Hiburan "Kamera Ria" di LPP TVRI Periode Desember 2015 - April 2016 )

FENSYA LENGGOTAMA WENDY

Informasi Dasar

16.04.1574
791.450
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Program acara hiburan di televisi akhir-akhir ini menjadi daya tarik tersendiri bagi audiens dan meraih rating tertinggi. TVRI adalah televisi publik Indonesia yang juga menayangkan program acara hiburan. Namun, rating acaranya tidak dapat meraih angka tertinggi jika dibandingkan dengan televisi swasta. Persaingan ketat dalam industri penyiaran membuat TVRI harus memacu kreatifitas dan kualitas siaran agar mendapatkan kembali penontonnya. Masyarakat sangat membutuhkan televisi publik yang independen, dan setia memberikan edukasi yang bermanfaat. Tentunya, perlu melakukan strategi dari segi tampilan, kemudian, harus memikirkan bagaimana memasarkan program acara tersebut agar dapat diketahui dan mampu menarik perhatian audiens. Selain itu, TVRI harus melakukan strategi perancangan program yang baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi perancangan program acara hiburan di TVRI. Konsep strategi perancangan program yang digunakan dalam penelitian ini bedasarkan strategi program siaran menurut Peter K Pringle yang dijabarkan dalam buku Manajemen Media Penyiaran oleh Morissan. Strategi perancangan program menurut Peter K Pringle terdiri dari perancangan program, produksi dan pembelian program, eksekusi program, pengawasan dan evaluasi program. Dalam penelitian ini peneliti berfokus pada salah satu program acara unggulan di TVRI yaitu Kamera Ria, mulai dari tahap perencanaan hingga pengawasan program. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi, serta didukung oleh sejumlah data yang didapatkan secara komprehensif. Hasil akhir penelitian ini menyatakan bahwa program acara hiburan TVRI belum efektif dalam menjangkau target audiens. Maka dari itu, diperlukan riset rating yang merupakan dasar terpenting dalam menentukan program. Beberapa hal harus dievaluasi oleh TVRI agar dapat membuat pengemasan program lebih baik dan menarik.

Kata Kunci : Strategi Program, Acara Hiburan, Televisi Publik, TVRI

Subjek

TELEVISION PROGRAMS
 

Katalog

Strategi Perancangan Program Acara Hiburan di Televisi Publik Indonesia ( Studi Kasus Strategi Perancangan Program Acara Hiburan "Kamera Ria" di LPP TVRI Periode Desember 2015 - April 2016 )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FENSYA LENGGOTAMA WENDY
Perorangan
Idola Perdini Putri
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini