SMB (Seleksi Masuk Bersama) Universitas Telkom setiap tahunnya menyelenggarakan kunjungan roadshow ke SMA (Sekolah Menengah Atas) se-Indonesia sebagai salah satu strategi pemasaran kegiatan rekruitasi mahasiswa baru yang menjadi tanggung jawab mereka setiap tahunnya. Manajer Admisi selaku penanggung jawab tertinggi di SMB Universitas Telkom memiliki dua asisten manajer untuk menjalankan program kunjungan roadshow ini. Berdasarkan keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki, seperti: terbatasnya anggaran keuangan, terbatasnya staf pemasaran, dan terbatasnya waktu; maka, mereka tidak dapat mengunjungi semua SMA yang ada.
Dalam pemilihan SMA potensial, pertama berat relatif kriteria harus sudah diinput oleh Manajer Admisi dan data sekolah juga harus diinput oleh Asisten Manajer Data & Analisis termasuk nilai performa masing-masing sekolah terhadap kriteria. Selanjutnya, Asisten Manajer Pemasaran & kerjasama harus menghitung secara manual data-data itu menggunakan metode Weighted Sum Model (WSM) untuk mendapatkan nilai potensial masing-masing sekolah. Kemudian nilai potensial itu disusun dari nilai terbesar ke nilai terkecil. Semuanya dilakukan menggunakan satu worksheet yang sama.
Aplikasi web ini bertindak sebagai sebuah sistem pendukung keputusan. Aplikasi web ini dapat mencegah Asisten Manajer Data & Analisis memasukkan data sekolah yang sama dua kali, mencegah data-data terhapus secara tidak sengaja, mencegah Asisten Manajer Pemasaran & Kerjasama menghabiskan waktu menghitung nilai potensial semua SMA. Aplikasi web ini akan menyusun hasil perhitungan metode WSM ke dalam daftar prioritas SMA secara otomatis dan memberikan tambahan informasi seperti data nomor telepon SMA dan alamat sekolah, bahkan aplikasi memberikan sebuah peta penunjuk jalan ke SMA terpilih. Yang terakhir, setidaknya aplikasi web ini memiliki tatap muka yang lebih bersahabat dibandingkan halaman worksheet.
Kata kunci : Pengambilan Keputusan, Pengambilan Keputusan Multi Kriteria, Weighted Sum Model, Sistem Pendukung Keputusan