PERANCANGAN RINCI HASIL USULAN RANCANGAN PENGANGKUT CECERAN BUBUK TEH PADA PROSES SORTASI DENGAN METODE MACHINE DESIGN (STUDI KASUS PT. XYZ)

BURHAN HENDRA HIMAWAN

Informasi Dasar

16.04.1605
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. XYZ merupakan perusahaan pengolahan teh orthodox. Pengolahan teh dengan proses orthodox melewati proses Pelayuan, penggilingan, oksidasi, pengeringan, sortasi, pengepakan, penyimpanan, dan pengangkutan. Pada proses sortasi sering terjadi penumpukan ceceran bubuk teh yaitu ketika teh diproses dalam mesin sortasi serta ketika teh akan dimasukkan ke bak atau handling antar mesin. Ceceran yang ada pada proses sortasi sebenarnya terdiri dari beberapa jenis teh namun biasanya dikembalikan ke dalam bak dengan kualitas BM sehingga ada downgrade dari segi kualitas yang nantinya akan berpengaruh ke harga jual. Berdasarkan permasalahan tersebut telah dilakukan penelitian untuk merancang dan mengkaji pengangkut ceceran bubuk teh di stasiun kerja sortasi karena ditemukan downgrade produksi teh. Terdapat penelitian terdahulu mengenai permasalahan ini. Dari penelitian tersebut dihasilkan konsep alat pengangkut ceceran bubuk teh. Namun hasil penelitian tersebut belum memiliki spesifikasi produk yang siap untuk diproduksi. Selain itu juga terdapat mekanisme gerak menyaring dan mekanisme bongkar-pasang produk yang perlu dikaji lagi. Dengan menggunakan metode machine design konsep dari penelitian sebelumnya melewati proses pengenalan kebutuhan, tahap mekanisme, tahap analisis gaya, tahap pemilihan material, tahap desain elemen, tahap modifikasi, detail gambar dan produksi. Dari berbagai proses tersebut dihasilkan luaran berupa gambar komponen produk, spesifikasi komponen yang dapat dibeli, dan perakitan produk. Selain itu juga didapatkan perbaikan mekanisme gerak menyaring, dan mekanisme bongkar pasang.

Subjek

PRODUCT DEVELOPMENT
 

Katalog

PERANCANGAN RINCI HASIL USULAN RANCANGAN PENGANGKUT CECERAN BUBUK TEH PADA PROSES SORTASI DENGAN METODE MACHINE DESIGN (STUDI KASUS PT. XYZ)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BURHAN HENDRA HIMAWAN
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini