USULAN PERENCANAAN PERSEDIAAN RAW MATERIAL NON METAL DENGAN MODEL EOQ WEISS UNTUK MEMINIMASI TOTAL BIAYA PERSEDIAAN PADA PROGRAM MK2 DI PT DIRGANTARA INDONESIA (PERSERO)

DEVI TRISNAWATI

Informasi Dasar

16.04.1613
658.72
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Dirgantara Indonesia (Persero) merupakan salah satu perusahaan penerbangan di Asia yang berpengalaman dan berkompetensi dalam rancang bangun, pengembangan, dan manufacturing pesawat terbang. Produksi pesawat Airbush Helicopter EC-725 merupakan salah satu bentuk usaha PT DI yang dilakukan dibawah kontrak kerjasama dengan satu – satunya mitra internasional PT DI, yaitu Airbush Helicopter. Proses pengadaan material dibutuhkan untuk proses produksi memiliki hubungan yang sangat erat dengan efektivitas dan efisiensi dari proses produksi. Kondisi yang tidak efisien sering kali dijumpai pada sistem perencanaan persediaan pada Raw Material Non Metal (RMN) dengan proses deteriorasi selama umur hidup, dimana terdapat jumlah material expired yang mencapai angka cukup tinggi merupakan indikasi bahwa kebijakan inventori material tidak dilakukan secara tepat. Oleh karena itu akan dilakukan penelitian tugas akhir untuk menentukan kebijakan inventori optimal pada sistem pengadaan material yang mangalami proses deteriorasi selama umur hidup berbasis pada sistem informasi manajemen yang terkomputerisasi sebagai alat bantu pendukung keputusan. Model refrensi yang digunakan pada penelitian ini adalah model EOQ Weiss tahun 1982. Model ini digunakan karena asumsi yang berlaku pada model banyak terdapat kesesuain terhadap kondisi nyata sistem, terutama karakteristik objek penelitian sebagai material perishable yang mengalami proses deteriorasi selama umur hidupnya. Untuk meningkatkan kesesuaian model, dilakukan pengembangan terhadap model refrensi. Beberapa hasil pengembangan model adalah algoritma perhitungan jumlah material kadaluwarsa, persamaan waktu antar pemesanan, algoritma perhitungan reorder point. Usulan kebijakan Inventori dengan model usulan mampu menghasilkan penurunan total ongkos inventori sebesar 46% dari total biaya persediaan aktual sebesar € 356.376,39 menjadi € 193.672,09.

Kata kunci :Kadaluwarsa, Perishable item, EOQ Weiss, Non linear holding cost

Subjek

Industrial procurement-material management
 

Katalog

USULAN PERENCANAAN PERSEDIAAN RAW MATERIAL NON METAL DENGAN MODEL EOQ WEISS UNTUK MEMINIMASI TOTAL BIAYA PERSEDIAAN PADA PROGRAM MK2 DI PT DIRGANTARA INDONESIA (PERSERO)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEVI TRISNAWATI
Perorangan
Ari Yanuar, Efrata Denny S. Yunus
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • IEG4P3 - SISTEM MANAJEMEN PERGUDANGAN
  • IEG4O3 - MANAJEMEN RANTAI PASOK
  • IEG4Q3 - ERP - PRODUKSI DAN LOGISTIK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini