PERANCANGAN E-COMMERCE TANDURAN BAGI PELAKU BISNIS PERTANIAN BERBASIS MARKETPLACE UNTUK MENINGKATKAN KEUNTUNGAN PENGGUNA (MODUL SUPPLIER)

MUHAMMAD HILHAM RAMADHAN

Informasi Dasar

16.04.1735
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Pertanian termasuk sektor primer dalam perekonomian Indonesia. Artinya pertanian merupakan sektor utama yang menyumbang hampir dari setengah perekenomian Indonesia. Individu atau organisasi yang terlibat di dalam aktivitas pertanian disebut dengan pelaku bisnis pertanian. Pelaku bisnis agrikultur terdiri dari petani, supplier bahan pendukung, dan industri pengolah hasil pertanian. Pada kenyataannya masih terdapat kendala dalam proses praktik pertanian. Para pelaku bisnis pertanian kurang memahami aktivitas jual beli pertanian. Sehingga pendistribusian komoditas dan bahan pendukung pertanian terhambat dan dimanfaatkan oleh sebagian oknum. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya kesetaraan informasi harga pasar bagi para pelaku bisnis pertanian. Oleh karena itu, peneliti membantu memfasilitasi jejaring usaha dan menyebarluaskan informasi pasar untuk meningkatkan produksi pangan strategis nasional dengan membangun sebuah e-commerce Tanduran menggunakan PHP dan codeigniter dalam pembuatan aplikasi. E-commerce Tanduran menggunakan model bisnis marketplace. Sehingga penjual dan pembeli dapat bertemu secara langsung melakukan transaksi dalam satu tempat. E-commerce Tanduran membantu memodernisasi sektor penjualan produk pertanian sehingga hasil olahannya dapat mampu diakses ke pasar nasional secara luas. Oleh sebab itu, dengan meluasnya informasi mengenai pertaniann akan meningkatkan keuntungan bagi para pelaku bisnis pertanian.

Kata Kunci— Pertanian, E-Commerce, Marketplace, Iterative Incremental

Subjek

E-COMMERCE
 

Katalog

PERANCANGAN E-COMMERCE TANDURAN BAGI PELAKU BISNIS PERTANIAN BERBASIS MARKETPLACE UNTUK MENINGKATKAN KEUNTUNGAN PENGGUNA (MODUL SUPPLIER)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD HILHAM RAMADHAN
Perorangan
IRFAN DARMAWAN, FAISHAL MUFIED AL ANSHARY
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • ISG4Q3 - E- COMMERCE
  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini