MEMBANGUN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA E-SCHOOL BERBASIS QR-CODE DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMAN NEGERI 13 BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING

TIMBUL PRAWIRA GULTOM

Informasi Dasar

77 kali
16.04.1773
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sekolah merupakan lembaga formal yang dibangun untuk memberikan pengajaran kepada siswa dan siswi dengan adanya pengawasan. Untuk meningkatkan mutu dari pengajaran di sekolah maka diperlukan adanya kurikulum ajar yang mengatur tentang bagaimana standar pengajaran. Salah satu dari kurikulum yang terbaru adalah kurikulum 2013. Sekolah Menegah Pertama Negeri 13 Bandung merupakan salah satu sekolah percontohan kurikulum 2013 dimana pada kurikulum ini mengedepankan penggunaan teknologi dalam segala proses ataupun aktivitas yang ada di sekolah. Salah satu bagian penting dari proses yang ada di di sekolah adalah perpustakaan. Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Bandung ini masih menggunakan proses yang konvensional. Semua proses masih menggunakan buku mulai dari absensi pengunjung, pendataan buku, peminjaman dan pengembalian. Oleh karena itu, permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan sistem perpustakaan yang dapat memenuhi kebutuhan yang ada di sekolah khususnya di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Bandung agar proses menjadi lebih efektif dan efisien. Metodologi yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi perpustakaan ini adalah extreme programming yang terdiri dari tahap exploration, planning, iteration to release, dan productionizing. Metode extreme programming memiliki kelebihan dalam hal komunikasi dimana terjalin komunikasi yang intens antara pengembang sistem dengan user sehingga jika terjadi perubahan tentang sistem dapat diselesaikan dengan cepat. Pengujian yang digunakan untuk penelitian ini adalah functional testing yang dilakukan oleh independent tester dan acceptance testing yang dilakukan oleh user. Dari pengujian yang dilakukan didapatkan hasil ayng positif dengan 94% hasil yang telah sesuai dengan requirement. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi website yang berupa sistem perpustakaan yang merupakan salah satu bagian dari sistem yang ada di sekolah yang akan membantu dan mengintegrasikan segala aktivitas yang ada di sekolah khusunya di perpustakaan.

Subjek

SISTEM INFORMASI
 

Katalog

MEMBANGUN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA E-SCHOOL BERBASIS QR-CODE DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMAN NEGERI 13 BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TIMBUL PRAWIRA GULTOM
Perorangan
NIA AMBARSARI, MUHAMMAD AZANI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • IS2423 - SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
  • IS3323 - INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
  • IS3333 - PEMROGRAMAN BERBASIS WEB
  • ISG2F3 - MANAJEMEN PROSES BISNIS
  • ISG3A4 - ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
  • ISG4A3 - TATA TULIS DAN KOMUNIKASI ILMIAH
  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR
  • ISH1A3 - PENGANTAR SISTEM INFORMASI
  • ISH2A3 - PEMROGARAMAN ORIENTASI OBYEK
  • ISH3D4 - PENGEMBANGAN APLIKASI WEB
  • ISI1B3 - PENGANTAR SISTEM INFORMASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini