SISTEM PENGENALAN GARIS UNTUK NAVIGASI AGV (AUTOMATED GUIDED VEHICLE) DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR MAGNET (LINE RECOGNIZING SYSTEM FOR AGV (AUTOMATED GUIDED VEHICLE) NAVIGATION USING MAGNETIC SENSOR)

RUMAISA RAMADHANI

Informasi Dasar

16.04.1873
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini penggunaan teknologi robotika dibidang industri mulai berkembang pesat. AGV (Automated Guided Vehicle) adalah salah satu jenis mobile robot yang banyak dimanfaatkan untuk mengantarkan barang dari satu tempat ke tempat lain dengan dipanduoleh lintasan. Pada umumnya lintasan AGV berupa garis yang disematkan dipermukaan lantai. Sistem pengenalan garis yang dilakukan adalah dengan membedakan warna garis dan warna permukaan lantai, namum cara ini kurang efektif karena sistem pengenalan garis tersebut sangat bergantung pada kwalitas warna.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pada tugas akhir ini dirancang sebuah sistem pengenalan garis dengan menggunakanmagnetic tape sebagai garis lintasan. Sensor magnet jenis hall effect sensordigunakan untuk mendeteksi kuat medan magnet yang dimiliki oleh magnetic tape. Data analog hasil pembacaan sensorkemudianditentukan nilai rata-ratanya agar didapatkan nilai pembacaan sensor yang lebih stabil. Data tersebut kemudia dijadikan input untuk mengenali jenis garis yang sedang dilalui oleh AGV.

Dari hasil penelitian ini, didapatkan bahwa hasil pengenalan garis magnetic dengan sensor magnet jenis hall effect 49E menghasilkan nilai akurasi pada lintasan lurus sebesar 24%, lintasan belok kanan adalah sebasar 20%, lintasan belok kiri adalah sebesar 0%, lintasan simpang tiga sebesar 0%, lintasan simpang empat sebesar 0%.Nilai akurasi pengenalan garis yang kurang baik inidisebabkan karena kuat medan magnet yang dimiliki olehmagnetic tapesangatlah lemah serta kemampuan sensor magnet yang standard.

Kata Kunci : AGV (Automated Guided Vehicle), Sensor Magnet, Pengenalan Garis

Subjek

Robots industrial
 

Katalog

SISTEM PENGENALAN GARIS UNTUK NAVIGASI AGV (AUTOMATED GUIDED VEHICLE) DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR MAGNET (LINE RECOGNIZING SYSTEM FOR AGV (AUTOMATED GUIDED VEHICLE) NAVIGATION USING MAGNETIC SENSOR)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RUMAISA RAMADHANI
Perorangan
ANGGA RUSDINAR, UNANG SUNARYA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini