PERANCANGAN INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI JARINGAN WIRELESS MENGGUNAKAN METODOLOGI NETWORK DEVELOPMENT LIFE CYCLE (NDLC) DENGAN PENDEKATAN GREEN TEKNOLOGI INFORMASI (TI) DI RURAL AREA(STUDI KASUS : KABUPATEN BANDUNG)

NAZWAR SYAMSU

Informasi Dasar

16.04.1953
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam upaya memenuhi kebutuhan informasi ke semua wilayah, Pemerintah Kabupaten Bandung dalam rencana kerja selalu mempertimbangkan masalah jaringan untuk mempermudah penyampaian informasi program kerja ke seluruh masyarakat.Pemerintah Kabupaten Bandung memiliki infrastruktur jaringan yang tersebar di setiap daerah. Infrastruktur tersebut adalah infrastruktur jaringan wireless yang menggunakan wireless connection. Jaringan wireless dipilih karena sesuai dengan kondisi lingkungan daerah Kabupaten Bandung yang sebagian besar wilayahnya dikelilingi pegunungan. Dari hasil monitoring terakhi, kondisi infrastruktur saat ini masih terdapat permasalahan dari aspek pemilihan topologi, jalur backup serta kesalahan dalam pemilihan perangkat jaringan sehingga terdapat beberapa informasi yang harusnya sampai tepat, tetapi masih tertunda atau bahkan tidak sampai. Selain itu, desain infrastruktur masih belum tersentralisasi artinya apabila terjadi permasalahan maka proses troubleshoot memakan waktu yang lama karena team maintenance harus melacak satu persatu jalur konektivitas. Mengacu kepada beberapa permasalahan di atas maka diperlukan adanya rancangan perbaikan infrastruktur jaringan wireless. Perancangan infrastruktur ini dibuat dengan menggunakan metode NDLC (Network Development Life Cycle). Metode ini berguna dalam mengembangkan infrastruktur jaringan wireless karena melihat kelebihannya yang berupa siklus yang artinya lebih flexible jika suat saat akan diadakan pengembangan system. Penelitian ini berfokus pada siklus NDLC sampai proses simulasi prototyping. Dengan hasil berupa rekomendasi perubahan topologi, pemilihan perangkat dan usulan system monitoring tambahan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang dan memberikan manfaat yang sebesar-sebesarnya terhadap semua pihak Kata Kunci : Jaringan Wireless, NDLC, Infrastruktur Jaringan

Subjek

Network - design - & implementation
 

Katalog

PERANCANGAN INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI JARINGAN WIRELESS MENGGUNAKAN METODOLOGI NETWORK DEVELOPMENT LIFE CYCLE (NDLC) DENGAN PENDEKATAN GREEN TEKNOLOGI INFORMASI (TI) DI RURAL AREA(STUDI KASUS : KABUPATEN BANDUNG)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NAZWAR SYAMSU
Perorangan
M. TEGUH KURNIAWAN, UMAR YUNAN KURNIA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • ISG2D4 - DASAR JARINGAN DAN TELEKOMUNIKASI
  • ISG2G4 - JARINGAN KOMPUTER
  • ISG4B3 - MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI
  • ISG4M3 - PERENCANAAN STRATEGI SISTEM INFORMASI
  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR
  • IEH6I3 - PERENCANAAN STRATEGI SISTEM INFORMASI
  • IEH5I3 - RISET PEMASARAN
  • IMI2I3 - PERENCANAAN STRATEGI SISTEM INFORMASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini