PERANCANGAN INFRASTRUKTUR JARINGAN WIRED PADA LIPI KEBUN RAYA CIBODAS CIANJUR MENGGUNAKAN METODE NETWORK DEVELOPMENT LIFE CYCLE (NDLC)

RIKI RAMDHANI

Informasi Dasar

16.04.1961
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Kebun Raya Cibodas adalah salah satu bagian dari LIPI yang bertugas untuk melakukan inventarisasi, eksplorasi, koleksi, penanaman dan pemeliharaan tumbuhan pegunungan. LIPI Kebun Raya Cibodas menjalankan aktivitas-aktivitas kerjanya menggunakan media tranmisi kabel (wired) pada jaringan LAN. Namun pada kondisi saat ini, infrastruktur jaringan LIPI Kebun Raya Cibodas mempunyai beberapa masalah yaitu komunikasi data yang berjalan belum berjalan dengan optimal untuk menunjang aktivitas-aktivitas para pegawai dan jika terjadi kegagalan koneksi dari LIPI pusat maka provider Telkom belum secara otomatis membackup jaringan utama harus disetting terlebih dahulu pada sisi client. Pada perancangan desain jaringan wired usulan menggunakan metode Network Development Life Cycle (NDLC) dan menggunakan simulator GNS3 sebagai simulasi virtual untuk mengurangi resiko pada proses implementasi jaringan wired usulan. Selain menggunakan metode NDLC pada penelitian ini menerapkan Cisco ThreeLayered Hierarchical Model untuk menyederhanakan pembangunan infrastruktur dan dibagi menjadi 3 lapisan yaitu core, distribution, access layer. LIPI Kebun Raya Cibodas memiliki 2 koneksi internet yang berbeda yaitu dari LIPI pusat dan Telkom, untuk mengatur konektivitasnya menggunakan teknologi Host Standby Router Protocol pada router. Pada penelitian ini menerapkan juga teknologi VLAN yang bertujuan untuk cost reduction, higher performance, dan security Pengujian dilakukan dengan melakukan pengukuran dan analisis QoS dengan parameternya adalah throughput, delay, dan packet loss pada desain jaringan wired usulan. Pengujian ini menggunakan aplikasi VLC dan wireshark sebagai media dalam melakukan pengujian, yang nantinya sisi server melakukan streaming video dan nantinya client juga akan melakukan streaming dengan mengakses ip streaming pada server lalu wireshark membaca untuk mendapatkan parameter QoS yang nantinya akan dibuat analisis.

Kata Kunci: Teknologi Jaringan, Jaringan Wired, Cisco Three-Layer Hierarchial Model, Host Standby Router Protocol, VLAN, QoS.

Subjek

NETWORK
 

Katalog

PERANCANGAN INFRASTRUKTUR JARINGAN WIRED PADA LIPI KEBUN RAYA CIBODAS CIANJUR MENGGUNAKAN METODE NETWORK DEVELOPMENT LIFE CYCLE (NDLC)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIKI RAMDHANI
Perorangan
M. TEGUH KURNIAWAN, ADITYAS WIDJAJARTO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • IS3313 - JARINGAN KOMPUTER
  • ISG2D4 - DASAR JARINGAN DAN TELEKOMUNIKASI
  • ISG4A3 - TATA TULIS DAN KOMUNIKASI ILMIAH

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini