PERANCANGAN MEDIA PENGENALAN BATIK GARUT UNTUK ANAK-ANAK TINGKAT DASAR DI WILAYAH BOJONGSOANG BANDUNG

NISA FARHANA

Informasi Dasar

16.04.1976
741.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Laporan Tugas akhir ini berjudul “Perancangan Media Pengenalan Batik Garut Untuk Anak Tingkat Dasar Di Wilayah Bojongsoang, Bandung” menggambarkan bagaimana agar masyarakat bangga akan budaya sendiri termasuk Batik Garut khususnya anak-anak tingkat dasar (Sekolah Dasar). 
Permasalahan dari penelitian ini adalah banyaknya masyarakat kurang memahami tentang motif dan pola batik, khususnya batik sunda yang memiliki banyak persamaan baik dalam motif maupun pola. Tujuan dari penelitian ini adalah berfokus pada anak-anak untuk memberikan wawasan tentang batik Garut dengan cara yang menyenangkan, serta mengajak anak untuk saling berinteraksi dengan satu sama lain. Dari itu akan memberikan ruang pada anak untuk bisa saling bersosial dengan orang lain atau kawan sebayanya.
Metode penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif. Solusi atas dari permasalahan dalam penelitian ini adalah menggunakan SWOT. Karena dari analisis tersebut akan diketahui akar permasalahannya sesuai zaman yang berkembang saat ini dengan menemukan solusi yang tepat. Adapun solusi yang diajukan adalah dengan membuat permainan semacam gameboard sebagai media pengenalan yang efektif untuk anak-anak tingkat dasar. Untuk itu diperlukan kerjasama antar sekolah dan dinas pendidikan agar kampanye pengenalan Batik Garut tersebut berjalan secara efektif, serta bisa menjadi bahan media ajar yang menyenangkan untuk anak-anak.

Kata Kunci : Batik Garut, Gameboard, Anak-anak, Metode Kualitatif

Subjek

BATIK ARTS
 

Katalog

PERANCANGAN MEDIA PENGENALAN BATIK GARUT UNTUK ANAK-ANAK TINGKAT DASAR DI WILAYAH BOJONGSOANG BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NISA FARHANA
Perorangan
SONSON NURUSHOLIH, MUHAMMAD HIDAYATULLOH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini