Banyak tempat wisata bahari yang layak untuk dikunjungi di provinsi Sumatera Barat. Namun ketidakjelasan informasi serta tidak adanya petunjuk yang akurat menuju tempat wisata ini menjadikan para wisatawan bingung bahkan malas untuk berkunjung. Hal ini akan berdampak pada tidak akan berkembangnya sebuah tempat wisata bahari, juga pada pendapatan daerah setempat. Mengenai masalah tersebut, maka untuk menarik serta mempermudah kunjungan dan perjalanan wisata, diperlukan sebuah solusi dari keilmuan desain komunikasi visual berupa perancangan buku wisata khususnya wisata Bahari, agar bisa menjadi sebuah media informasi dan panduan perjalanan wisata di provinsi Sumatera Barat. Perancangan buku wisata ini mempunyai konsep yaitu sebuah buku yang berisi tentang beberapa tempat wisata bahari yang ada di provinsi Sumatera Barat yang masih kurang dikenal, dan masih jarang untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Sebagai media informasi dan panduan perjalanan, didalam buku ini juga terdapat foto-foto aktual dari tempat wisata, yang dilengkapi dengan tambahan informasi seperti peta wisata, transportasi, akomodasi, serta persiapan kebutuhan yang harus disiapkan oleh para wisatawan sebelum berwisata. Adanya buku wisata bahari ini, diharapkan mampu menginformasikan dan menarik perhatian para wisatawan untuk lebih memilih mengunjungi tempat-tempat wisata dalam negeri, dan agar lebih mencintai wisata alam Indonesia yang masih indah untuk dinikmati.
Kata Kunci: Wisata Bahari Sumatera Barat, Perancangan Buku, Media Informasi