Media sosial merupakan bagian penting pendukung mobilitas pada saat ini. Semua kehidupan kita bergantung pada teknologi yang memungkinkan kita untuk saling terhubung antara satu sama lain kapan pun dimanapun. Pada zaman sekarang ini, media sosial tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi, melainkan juga dapat dijadikan sebagai bahan penelitian. Selain itu juga dapat digunakan sebagai alat untuk memprediksi pola hidup dan juga sebagai alat untuk memprediksi tingkat penjualan suatu produk. Salah satu media sosial yang popular yaitu Instagram. Maka dari itu tugas akhir ini akan membahas tentang Instagram sebagai alat untuk memprediksi tren dan popularitas produk. Melalui Instagram para produsen dapat memprediksi keadaan pasar. Selain itu, produsen juga dapat memasarkan produknya dengan lebih tepat sesuai kondisi dan distribusi yang tepat. Proses prediksi ini sendiri dilakukan dengan memanfaatkan metode pengklasifikasian Support Vector Machine (SVM) untuk mengukur tingkat popularitas produk tersebut. produk yang akan diujikan sendiri merupakan 10 produk sepatu yang akan dirilis pada bulan Juni sampai Bulan Juli 2016. Hasil dari proses pengklasifikasian data dengan menggunakan metode SVM dihasilkan hasil berupa precision, recall, dan akurasi yang cukup optimal yaitu mencapai 98% untuk setiap pengukuran. Hasil ini didapat dengan dukungan fitur Bigram Collocation dengan pembobotan Chi-Square untuk mendapatkan hasil prediksi yang optimal.
Kata kunci :Media Sosial, Prediksi, Instagram, SVM