PERANCANGAN SERVER DENGAN MENGGUNAKAN VIRTUALISASI, LOAD BALANCER, FAILOVER DAN DATABASE REPLICATION (STUDI KASUS : IKIP PGRI BALI)

I GUSTI NGURAH AGUNG PAWANA P.

Informasi Dasar

16.04.2022
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pemanfaatan web sebagai penyebar atau tukar menukar informasi telah tumbuh dan berkembang dengan pesat. Server merupakan media yang memiliki peranan yang penting untuk menyeadiakan layanan akses internet bagi penggunanya. Dalam hal ini, agar jaringan bisa dimanfaatkan secara optimal maka diperlukan server. Perancangan server dalam Tugas Akhir ini menggunakan teknologi virtualisasi dengan menggunakan Proxmox VE. Merupakan paltform virtualisasi bersifat opensource yang mendukung untuk menjalankan virtual mesin berbasis KVM dan OpenVZ. Menggunakan teknik load balancing untuk mendistribusikan beban trafik pada jalur koneksi secara seimbang, agar trafik dapat berjalan secara optimal memaksimalkan thoughput, menghindari overload pada salah satu jalur koneksi. Menggunakan algoritma Round Robin dalam load balancing. Karena algorima ini membagi beban secara bergilir dan berurutan dari server satu server ke server lain. Dengan teknik database replication dimana setiap perubahan isi pada salah satu database akan berpengaruh pada semua database. Diakhir diuji dengan menggunakan software pada Ubuntu Server untuk mengetahui kemampuan load balancer, failover, web server dan database server dalam melayani akses dari pengguna. Hasil akhir dari Tugas Akhir ini adalah implementasi virtual server dengan menggunakan Load balancer, Failover, dan Database replication. Hal ini dibuat untuk membantu memberikan layanan yang berjalan secara kontinu untuk IKIP PGRI Bali yang berjalan dalam bidang sistem informasi akademik. Simpulan yang diperoleh dari perancangan ini adalah dapat meningkatkan nilai ketersediaan dari web dan server yang dibangun.

Kata Kunci : Server, Virtualisasi, Load balancer, Failover, Database Replication

Subjek

COMPUTER NETWORK
 

Katalog

PERANCANGAN SERVER DENGAN MENGGUNAKAN VIRTUALISASI, LOAD BALANCER, FAILOVER DAN DATABASE REPLICATION (STUDI KASUS : IKIP PGRI BALI)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I GUSTI NGURAH AGUNG PAWANA P.
Perorangan
BURHANUDDIN DIRGANTORO, RANDY F. SAPUTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini