SIMULASI SUTURE ILMU KEDOKTERAN TEKNIK MATRAS HORIZONTAL VERTIKAL(SIMULATION MEDICAL SCIENCE HORIZONTAL VERTICAL MATTRES TECHNIQUE)

CICI MARISA HARDIANTI

Informasi Dasar

16.06.491
006.7
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Suture merupakan teknik menjahit untuk menyatukan dua tepi pada luka yang dipelajari pada ilmu kedokteran. Berdasarkan keadaan luka pasien, Terdapat beberapa teknik dalam melakukan suture. Dari semua teknik suture yang telah diajarkan terutama teknik horizontal dan teknik vertikal, masih ada beberapa mahasiswa kedokteran yang kurang dan tidak memahami teknik suture. Dari permasalahan tersebut, maka pada penelitian ini dibuatlah simulasi yang fokus pada teknik horizontal dan vertikal. Simulasi dilakukan menggunakan laptop dan Leap Motion dengan alur yang disajikan dalam bentuk simulasi suture. Simulasi ini dibuat berbasis Windows dan dapat mendeteksi tangan sebagai navigator dengan menggunakan Leap Motion. Pada simulasi ini terdapat dua pilihan suture yaitu suture matras horizontal dan vertikal. Simulasi ini dibuat untuk membantu mahasiswa kedokteran memahami materi suture dengan teknik matras horizontal dan vertikal. Pengguna dapat melihat tiap tahapan melakukan suture dengan benar yang ditunjukan dengan animasi. Penelitian ini menghasilkan simulasi dengan persen penerimaan terhadap pengguna sebanyak 70%.

Kata Kunci: simulasi suture, matras horizontal, matras horizontal

Subjek

UNITY 3D
 

Katalog

SIMULASI SUTURE ILMU KEDOKTERAN TEKNIK MATRAS HORIZONTAL VERTIKAL(SIMULATION MEDICAL SCIENCE HORIZONTAL VERTICAL MATTRES TECHNIQUE)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CICI MARISA HARDIANTI
Perorangan
Toufan D Tambunan, Ahmad Suryan
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2016

Koleksi

Kompetensi

  • MI3104 - PROYEK AKHIR
  • CSH522 - PROYEK
  • DMH3E4 - PROYEK AKHIR
  • VSI3H4 - PROYEK AKHIR
  • CII632 - PROYEK
  • CII632 - PROYEK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini