Wi-FARMING : PROTOTIPE PENYEMPROT TANAMAN BERBASIS WIRELESS

ASRY FAHRIZA HANI PINEM

Informasi Dasar

16.04.2251
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Untuk memperoleh pertumbuhan tanaman yang optimal pada greenhouse, penyemprotan pestisida dan air serta menjaga kelembaban dan suhu ruangan mutlak dilakukan. Namun sekarang ini masih banyak petani yang menyemprot tanaman dan mengatur sirkulasi udara dengan cara manual. Hal ini tentu membutuhkan tenaga dan waktu yang cukup serta sangat berbahaya terutama jika zat yang disemprot merupakan zat beracun. Selain itu, keterbatasan indera manusia juga menyebabkan kondisi kelembaban dan suhu pada greenhouse tidak dapat diketahui secara tepat sehingga pengaturan sirkulasi udara dilakukan berdasarkan perkiraan saja. .
Pada tugas akhir ini dirancang sebuah prototipe penyemprot tanaman dan sistem pengatur sirkulasi udara pada greenhouse sehingga petani dapat mengendalikan penyemprotan serta memonitor suhu dan kelembaban secara wireless. Sistem ini terdiri dari pompa DC yang dihubungkan ke saluran distribusi cairan, kipas DC sebagai alat mengatur sirkulasi udara yang terhubung ke driver motor yang dikendalikan menggunakan metode fuzzy logic, sensor suhu dan kelembaban yang terhubung ke mikrokontroler sekaligus sebagai modul wireless agar dapat terhubung melalui perangkat smartphone Android ataupun komputer.
Dari hasil pengujian, sistem ini dapat bekerja dengan baik pada jarak antara 0-15 m. Selain itu sistem ini juga dapat mengendalikan suhu dan kelembaban sesuai dengan kondisi yang diharapkan, yaitu pada suhu 250C dan kelembaban 70%RH dengan waktu tercepat menuju set point adalah 649 detik dan waktu terlama untuk mencapai set point adalah 2181 detik.

Kata Kunci : suhu, kelembaban, pestisida, wireless, Android

Subjek

CONTROL-SYSTEMS
 

Katalog

Wi-FARMING : PROTOTIPE PENYEMPROT TANAMAN BERBASIS WIRELESS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASRY FAHRIZA HANI PINEM
Perorangan
ERWIN SUSANTO, PRASETYA DWI WIBAWA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini