RANCANG BANGUN KONVERTER PHOTOVOLTAIC DAN TAKSIRAN DAYA PHOTOVOLTAIC UNTUK DC POWER HOUSE

TOMMY ADITYA PUTRA

Informasi Dasar

16.04.2296
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada zaman sekarang, kebutuhan listrik sangatlah dibutuhkan oleh seluruh umat manusia di muka bumi ini. Listrik sangat dibutuhkan karena hampir semua peralatan penunjang kehidupan manusia saat ini membutuhkan energi listrik sebagai sumber dayanya. Tetapi, sampai sekarang bahan bakar listrik yang digunakan berupa energi yang tidak dapat diperbaharui, maka dari itu diperlukan energi alternatif untuk mengganti bahan bakar konvensional menjadi bahan bakar dengan energi yang terbarukan. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan tenaga matahari yang sangat melimpah di negara Indonesia ini.

Untuk menangkap dan menampung cahaya matahari dan mengkonversi menjadi energi listrik dibutuhkan sebuah alat, yaitu sel surya atau yang dikenal dengan photovoltaic (PV). PV dapat dianalogikan seperti sebuah alat dengan dua terminal atau sambungan, yang apabila bekerja pada malam hari seperti dioda dan saat terkena cahaya matahari dapat menghasilkan tegangan. Hasil keluaran dari PV yaitu berupa tegangan DC atau searah. Tegangan tersebut sangat bergantung pada intensitas cahaya, Untuk itu diperlukan sebuah metode agar tegangan keluaran PV dapat maksimum. Fixed Voltage MPPT (Maximum Power Point Tracking) adalah sebuah metode yang akan memaksa PV bekerja pada tegangan tetap yang dapat diatur agar daya keluaran tegangan dapat maksimum. Fixed Voltage MPPT tersebut akan dibantu oleh rangkaian konverter DC-DC yang berupa DC Chopper tipe buck-boost, sebuah mikrokontroler dan sensor tegangan. Sebelumnya mikrokontroler tersebut telah terisi algoritma pemrograman Fixed Voltage MPPT dengan metode PI (Proportional Integrative).

Tujuan akhir dari penelitian ini adalah membuat efisiensi tegangan keluaran PV ke beban dapat maksimum. Dan juga dengan adanya DC Power House ini dapat digunakan pada rumah yang terisolasi dan jauh dari keramaian kota sehingga dapat sedikit mengatasi masalah dalam pendistribusian listrik yang belum merata di Indonesia. Kata kunci: Photovoltaic, DC Chopper tipe buck-boost, Fixed Voltage MPPT, PI (Proportional Integrative)

Subjek

ELECTRICAL ENGINEERING
 

Katalog

RANCANG BANGUN KONVERTER PHOTOVOLTAIC DAN TAKSIRAN DAYA PHOTOVOLTAIC UNTUK DC POWER HOUSE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TOMMY ADITYA PUTRA
Perorangan
EKKI KURNIAWAN, KHARISMA BANI ADAM
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini