IPA merupakan mata pelajaran yang implementasinya digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu
materi yang dipelajari adalah tentang pengelompokan hewan, baik Invertebrata dan Vertebrata. Karena
kurangnya alat bantu pengajaran dalam mempelajari materi tersebut, maka siswa dan siswi kelas 4 SD ArRafi sulit untuk mengenali contoh hewan yang ada disekitar mereka. Berdasarkan masalah tersebut, maka
dibuatlah Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Pengenalan Dan Pengelompokan Hewan Untuk Mata
Pelajaran IPA Kelas 4 SD Ar-Rafi Menggunakan Construct 2. Game Edukasi ini merupakan aplikasi
multimedia pembelajaran yang berguna sebagai media pembelajaran IPA untuk kelas 4 SD Ar-Rafi. Game
ini tidak hanya mengajak untuk bermain tetapi juga belajar, atau disebut permainan bermain sambil
belajar. Game ini dibuat menggunakan Construct 2 yang di crosswalk ke platform Android menggunakan
Intel XDK. Dalam game ini terdapat 3 genre permainan yaitu adventure, quiz dan drag and drop, yang
terbagi di dalam 7 tingkatan permainan berdasarkan materi yang ada dibuku mereka. Dengan
dibangunnya game ini, anak kelas 4 SD Ar-Rafi bisa lebih mudah belajar pengelompokan hewan sambil
bermain.
Kata Kunci: IPA, Vertebrata, Invertebrata, Constuct 2, Android.