ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI WIRAUSAHAWATI MUDA BERWIRAUSAHA MELALUI BISNIS ONLINE (STUDI PADA UMKM FASHION DI KOTA BANDUNG)

JENNITTYA FITRI HIDAYAT

Informasi Dasar

16.04.2450
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Eksistensi wanita wirausaha dalam usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi realitas kehidupan ekonomi sebagian besar masyarakat Indonesia. Kebutuhan wanita terhadap informasi dan pengembangan diri semakin meningkat yang turut mempengaruhi pola pikir wanita seiring dengan kemajuan teknolog iinformasi termasuk diantaranya melalui internet. Pengguna internet di Indonesia di dominasi oleh kaum muda mayoritas berusia 18-35 tahun. Dengan perkembangan internet tersebut, menjadikan banyaknya pengguna internet memanfaatkan kesempatan ini sebagai peluang bisnis melalui bisnis online. Wanita tercatat sebagai kalangan yang paling banyak memanfaatkan peluang dalam bisnis online, baik sebagai penjual maupun pembeli. Industri fashion selain memiliki minat terbesar di Kota Bandung, tercatat sebagai kategori produk yang paling banyak dibeli secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang memotivasi wirausahawati muda berwirausaha melalui bisnis online.

 Populasi pada penelitian ini adalah wirausahawati muda UMKM fashion di Kota Bandung yang memiliki bisnis online. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan sampel dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, menggunakan metode probability sampling dengan teknik convenience sampling kepada 60 wirausahawati muda yang memiliki bisnis online. Penelitian ini menggunakan teknik analisis faktor untuk mencari faktor-faktor yang memotivasi wirausahawati muda berwirausaha melalui bisnis online.

 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima faktor yang memotivasi wirausahawati muda berwirausaha melalui bisnis online, yaitu faktor economic and personal interest (minat ekonomi dan minat pribadi), faktor opportunities (peluang), faktor social &  family (social dan keluarga), faktor traditional (tradisional) dan faktor unemployment (pengangguran). Di tengah persaingan pasar yang semakin kompetitif, agar usaha yang dijalankan mampu bertahan untuk jangka panjang maka diharapkan para pelaku industry fashion melakukan inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan pertumbuhan usahanya, baik berupa inovasi produk maupun inovasi pemasaran.

Kata Kunci: Motivasi, Wanita Wirausaha, Bisnis Online, UMKM

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI WIRAUSAHAWATI MUDA BERWIRAUSAHA MELALUI BISNIS ONLINE (STUDI PADA UMKM FASHION DI KOTA BANDUNG)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JENNITTYA FITRI HIDAYAT
Perorangan
SISCA EKA FITRIA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini