STUDI MODEL BISNIS COWORKING SPACE di KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS (STUDI KASUS PADA CO&CO SPACE BANDUNG)

LIRA PARAHITA AGNI PUTRI

Informasi Dasar

209 kali
16.05.067
658
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

CO&CO Space merupakan coworking space komersil pertama di Bandung yang sudah berjalan kurang lebih dua tahun. CO&CO Space didirikan karena para pendirinya melihat bahwa salah satu kebutuhan utama orang-orang yang baru mendirikan usaha adalah tempat dan teman kerja, juga kurangnya tempat di mana komunitas bisa bergabung dan berkolaborasi untuk mencapai tujuan bisnis bersama dan juga berbagi pengalaman. CO&CO Space bukan hanya sebuah ruang atau tempat bekerja, namun memiliki tujuan utama untuk mendukung komunitasnya untuk berakselarasi dan tumbuh dengan jalan saling berkolaborasi di lingkungan CO&CO Space. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk meneliti dan mempelajari tentang bagaimana model bisnis CO&CO Space yang telah berjalan dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC) secara deskriptif. BMC merupakan alat yang dapat digunakan untuk memetakan suatu bisnis sehingga menjadi jelas bagi perusahaan tentang apa aktifitas kuncinya, apa sumber daya kuncinya, siapa mitra utamanya, siapa konsumennya, bagaimana proporsi nilainya, bagaimana cara menjalin hubungan dengan konsumennya, bagaimana saluran distribusi pemasarannya, bagaimana struktur pembiayaannya, hingga darimana sumber pendapatan yang bisa didapat dari bisnis tersebut, sebagaimana tertuang dalam sembilan blok BMC. Data dalam penelitian ini didapatkan dari wawancara dengan pihak internal CO&CO Space yang kemudian dipetakan ke dalam sembilan blok BMC frame 1. Selanjutnya untuk mengevaluasi model bisnis tersebut, dilakukanlah wawancara kembali dengan pihak internal dan eksternal. Narasumber eksternal dibagi kedalam dua bagian yaitu Expert, yang datanya didapat melalui wawancara. Kemudian Pelanggan/members melalui penyebaran kuisioner SWOT yang kemudian dipetakan pada IPA Matrix guna mengevaluasi kinerja dan menangkap peluang yang ada untuk menyempurnakan model bisnis selanjutnya yaitu pada BMC frame 2. Hasil penelitian menghasilkan rekomendasi untuk BMC frame 2 ada pada 3 blok yaitu Key Partners, Customer Segments, dan Channel.

Kata kunci: Strategi, Business Model Canvas, Coworking Space, SWOT, IPA Matrix

Subjek

SRATEGIC MANAGEMENT
 

Katalog

STUDI MODEL BISNIS COWORKING SPACE di KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS (STUDI KASUS PADA CO&CO SPACE BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LIRA PARAHITA AGNI PUTRI
Perorangan
MAYA ARIYANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Magister Manajemen
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • CSH623 - TESIS
  • MMPA16 - TESIS
  • IEH6B6 - TESIS
  • ELI2H6 - TESIS
  • CII733 - TESIS
  • IMI2B6 - TESIS
  • CII733 - TESIS
  • EMI2H6 - TESIS
  • TTI7Z4 - TESIS
  • CII9H5 - PENELITIAN DISERTASI DAN SEMINAR 1
  • CII9J5 - PENELITIAN DISERTASI DAN SEMINAR 2
  • CII9L5 - PENELITIAN DISERTASI DAN SEMINAR 3
  • CII9I1 - PENULISAN PUBLIKASI ILMIAH 1
  • CII9K2 - PENULISAN PUBLIKASI ILMIAH 2
  • CII9M3 - PENULISAN PUBLIKASI ILMIAH 3

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini