RETORIKA PADA PROGRAM TALKSHOW TV (Analisis Retorika Naskah Segmen Catatan Najwa Periode April 2016)

BONDAN HERDIYANTO

Informasi Dasar

16.04.2567
302.207 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

Penelitian ini berjudul RETORIKA PADA PROGRAM TALKSHOW TV (Analisis Retorika Naskah Segmen Catatan Najwa Periode April 2016). Dalam setiap acara televisi, mc sebagai pemandu acara pasti menguasai retorika sesuai dengan karakternya sendiri, keindahan estetika permainan kata akan lebih membekas di benak khalayak atau pemirsanya. Tak terkecuali Najwa Shihab dalam memandu acara Mata Najwa, dalam segmen terakhir dinamakan segmen Catatan Najwa yang dibawakan dengan retorika khas Najwa Shihab. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan tiga hukum retorika Aristoteles, yaitu Ethos, Pathos, Logos dari naskah tayangan segmen Catatan Najwa acara Mata Najwa periode April 2016. Keindahan naskah segmen Catatan Najwa acara Mata Najwa Metro TV menjadikan nilai tersendiri bagi peneliti untuk mengetahui/menganalisis bagaimana penerapam poin-poin retorika Ethos, Pathos, Loghos. Keindahan permainan kata yang ditonjolkan dalam naskah ini merupakan ciri khas Najwa Shihab sebagai pemandu acara Mata Najwa. Penelitian ini menggunakan Analisis Retorika dengan tiga hukum retorika Aristoteles untuk membedah Naskah Catatan Najwa periode April 2016. Poin retorika Aristoteles Ethos, Pathos, Loghos. ditujukan untuk menganalisis suatu teks. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis. Hasil penelitian ini peneliti menemukan penerapan Ethos dalam naskah ini adalah pemilihan topik dalam setiap episodenya, sementara setiap pemilihan topik atau bahasan tema perepisodenya, penggunaan kata bernilai rasa, penggunaan kata lugas, penyusunan skema naskah merupakan bahasan dari Pathos, dalam bahasan Loghos peneliti menemukan bagaimana skema itu disusun, rangka dari naskah ini adalah lead dalam setiap bait pertamanya, kemudian penerapan elemen story pada bait kedua dan ketiga, kemudian bait terakhir sebagai penutup. Adanya elemen kata bersinonim, kata bernilai rasa, kata lugas, menjawab pertanyaan bagaimana pendapat ini disampaikan, penggunaan kata bersinonim, kata bernilai rasa, kata lugas dan juga elemen bait ber-rima diujung kalimatnya menjadikan naskah ini memiliki karakter saat disampaikan pada pemirsanya.

Kata Kunci: Analisis Teks, Retorika, Program TV, Mata Najwa.

Subjek

MEDIA-TELEVISION
 

Katalog

RETORIKA PADA PROGRAM TALKSHOW TV (Analisis Retorika Naskah Segmen Catatan Najwa Periode April 2016)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BONDAN HERDIYANTO
Perorangan
FREDDY YUSANTO, ASAAS PUTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini