PERANCANGAN JARINGAN FIBER TO THE BUILDING (FTTB) DENGAN TEKNOLOGI GIGABIT ETHERNET PASSIVE OPTICAL NETWORK (GEPON) DI APARTEMENT NEWTON BUAHBATU

RIZKY MAULANA ALAMSYAH

Informasi Dasar

16.06.662
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAK

Kebutuhan akan pelayanan di bidang teknologi informasi dan komunikasi semakin meningkat setiap tahun. Jenis layanan yang dibutuhkan bukan lagi sebatas voice namun menjadi berkembang ke layanan tripleplay (voice, data, dan video). Gedung B Apartement Newton Buahbatu sebagai salah satu apartement di Buahbatu yang di harapkan untuk mempunyai layanan teknologi yang menunjang layanan tripleplay untuk kebutuhan informasi dan komunikasi. Apartment Newton yang berada diBuahbatu itu merupakan lokasi penelitian Proyek Akhir ini.
Metode yang digunakan pada perancangan yaitu survey lokasi, permintaan service pelanggan, perancangan, serta penelitian hasil dengan analisis (power link budget, rise time budget, serta bit error rate). Analisis ini selain digunakan perhitungan manual juga digunakan simulasi Optisystem7, kemudian hasil yang didapat dibandingkan.
Hasil perancangan pada Proyek Akhir ini didapatkan nilai downstream power link budget untuk jarak terjauh adalah -21,38 dBm sedangkan pada upstream untuk jarak terjauh adalah -5,62 dBm. Nilai ini masih berada dibawah sensitivitas penerima -28 dBm, sehingga perancangan ini dianggap layak. Sedangkan untuk parameter Rise Time Budget didapat batas waktu NRZ pengiriman downstream 0,56270096 ns dan upstream didapat 0,56270096 ns. Dimana hasil perhitungan tsys yang didapatkan adalah 0,2503 ns. Nilai tsys ini masih jauh dibawah nilai batas pengkodean sehingga masih lulus kelayakannya. Selain itu simulasi Optisystem yang digunakan dalam analisis BER downstream 7,48 x 10-29. Sedangkan hasil BER upstream didapatkan 0. Kedua nilai tersebut masih jauh dibawah 10-9 sehingga masih baik.

Kata Kunci : FTTB, GEPON, Power Link Budget, Rise Time Budget, BER

Subjek

FIBER OPTIC PROGRAMMING
 

Katalog

PERANCANGAN JARINGAN FIBER TO THE BUILDING (FTTB) DENGAN TEKNOLOGI GIGABIT ETHERNET PASSIVE OPTICAL NETWORK (GEPON) DI APARTEMENT NEWTON BUAHBATU
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZKY MAULANA ALAMSYAH
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • PE3703 - PROYEK AKHIR II

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini