ABSTRAK
Wulan Rijatul Janah, 2016. Perancangan Identitas Visual Kota Jember, Kabupaten Jember berada di Jawa Timur, memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan. Jember merupakan kota pandhalungan dimana dua budaya teralkuturasi sehingga menciptakan masyarakat yang bebas berekspresi dalam kreatifitasnya. Namun kabupaten Jember belum memiliki identitas visual yang mudah dikenal dan dibedakan secara jelas dari kabupaten lain. Kekayaan alam, budaya, wisata dan sejarah kabupaten Jember yang belum terkomunikasikan dengan baik sebagai sebuah kesatuan daerah, dan belum ada usaha yang cukup untuk mempromosikan kabupaten Jember sebagai kota yang bukan hanya sebagai tempat diadakannya Jember Fashion Festival, tetapi juga sebuah kota memiliki tujuan, baik untuk wisata, bisnis/ investasi maupun sebagai kota tempat tinggal. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan akhir ini adalah menggunakan metode kualitatif penulis mencari data melalui metode observasi pada objek penelitian, literatur, wawancara narasumber terkait, serta analisis yang digunakan adalah SWOT dan analisis matriks. Setelah memperoleh data, penulis melakukan analisis perancangan identitas visual untuk memperkuat identitas serta menerapkannya dalam media promosi untuk mempublikasikan. Tujuan perancangan identitas visual ini diharapkan menciptakan ciri khas kota Jember selain digunakan untuk memperkuat nilai visual dan karakter yang dimiliki namun juga dapat dimanfaatkan sebagai promosi daerah kepada masyarakat dan calon wisatawan baik dari tingkat regional maupun nasional dan internasional untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.
Kata Kunci : Identitas, Jember, Kota, Perancangan, Visual.