Abstrak
Perancangan Children’s Library & Learning Centre Di Bandung Dengan Pendekatan Karakteristik Perkembangan Anak
Sajida Azzuhra
1403120096
Masa anak-anak merupakan masa mereka berkembang dan periode penting dimana anak belajar banyak mengenai segala hal. Proses pembelajaran pada anak bisa dimulai dari lingkungan terdekat seperti keluarga dan juga lingkungan sekitar. Pada proses belajar mereka diperkenalkan dengan berbagai macam media belajar seperti, buku, audio visual, dan kegiatan-kegiatan yang menambah keterampilan dan merangsang kreatifitas. Untuk itu diperlukan suatu wadah yang menampung dan mampu meningkatkan daya kreatifitas anak agar berkembang secara positif. Wadah tersebut berupa perpustakaan dan learning centre (Children’s Library & Learning Centre) khusus untuk anak yang memiliki fungsi edukatif yaitu dengan memberikan informasi yang mendidik.
Fasilitas penunjang belajar dan kegiatan anak adalah pemikiran yang masih sangat jarang diperhatikan dan diterapkan di Indonesia, sedangkan di negara maju fasilitas ini sangat berkembang dan menjadi hal penting. Perancangan Children’s Library & Learning Centre ini berada di bandung yang merupakan tempatnya anak kreatif, tetapi fasilitas pendukung kreatifitas untuk anak-anak masih kurang.
Fasilitas ini diharapkan dapat menyenangkan bagi anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat baca, minat dan bakat pada anak, serta memperoleh pengalaman yang berguna dalam perkembangan pribadi mereka. Perancangan interior Children’s Library & Learning Centre di bandung dengan pendekatan karakteristik perkembangan anak sebagai konsep dan tema “ explor the park” sebagai desian yang akan diterapkan dengan dari segi elemen, warna dan bentuk, kebutuhan ruang yang memenuhi fungsi sesuai dengan karakteristik perkembangan anak pada umumnya.
Kata kunci: Children’s Library, Learning Centre, Karakteristik Perkembangan Anak, fasilitas anak