ABSTRAK
Pengguna internet di Indonesia yang sangat pesat akan menarik di berbagai sektor kehidupan, dengan teknologi smartphone yang semakin berubah dan mudah, orang Indonesia memanfaatkan teknologi tersebut untuk mulai berbelanja secara online. P-Clothes merupakan salah satu usaha kecil yang memasuki pasar modern dengan penggunaan sosial media seperti Line, Instagram, Facebook dan juga menggunakan website. P-Clothes telah menggunakan website sejak tahun 2015 dengan alamat website www.p-clothes.com. Dengan penggunaan website, P-Clothes memberikan berbagai informasi mengenai berita acara, informasi produk dan lain-lain. Sebagai salah satu industri clothing di Kota Bandung, konsumen produk p-clothes sudah sampai ke provinsi-provinsi yang ada di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri, dimana dengan penggunaan website dapat dilakukan oleh p-clothes untuk menjangkau konsumennya.
Pada Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan e-service quality. Definisi dari E-Service Quality adalah model kualitas jasa online yang paling komprehensif dan integratif, komprehensif dan integratif dikarenakan dimensi yang relevan dan secara menyeluruh memenuhi kebutuhan untuk mengevaluasi kualitas jasa elektronik.
Dalam Penelitian ini yang menjadi sampel penelitian adalah konsumen online p-clothes yang diambil dari sosial media Line @P-Clothes yang dimana konsumen tersebut sudah mengunjungi website p-clothes dan diambil sebagai responden sebesar 374 responden.
Pada tingkat harapan dimensi e-service quality terdiri dari 21 pertanyaan yang disebarkan kepada 374 responden. Pada tingkat kinerja dimensi e-service quality terdiri dari 21 pertanyaan yang disebarkan kepada 374 responden dan pada akhirnya dilakukan pengukuran Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk melihat indikator-indikator dari hasil pengukuran kualitas pelayanan berdasarkan tingkat kinerja dan tingkat harapan
Kesimpulan yang didapat untuk Kinerja e-service quality pada online shop p-clothes berdasarkan hasil analisis deskriptif secara keseluruhan berada dalam kategori sangat baik. Sedangkan harapan e-service quality pada online shop p-clothes berdasarkan hasil analisis deskriptif secara keseluruhann berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan importance performance analysis dapat diketahui bahwa dimensi pelayanan yang penting dan perlu diperbaiki terdapat tiga dimensi yaitu dimensi reliabilitas pada aspek website selalu tersedia untuk diakses dan aspek website selalu berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya (cepat tanggap dalam membalas), Dimensi daya tanggap pada aspek Mmemberikan informasi penyebab pesanan yang datang tidak tepat waktu dan Dimensi kompensasi pada aspek bersedia melakukan pengembalian biaya produk bila terjadi kehabisan stok ditengah pemesanan produk.
Kata Kunci : E-Service Quality, Importance Performance Analysis.
ABSTRAK
Internet users in Indonesia, which is very fast to pull in the various sectors of life, with a smartphone that is changing and easily, the people of Indonesia take advantage of the technology to start shopping online. P-Clothes is one of the small businesses who enter modern markets with the use of social media such as the Line, Instagram, Facebook and also use the website. P-Clothes have been using the website since the year 2015 with the website address www.p-clothes.com. With the use of the website, P-Clothes and give them information about the news report, information products and others. As one of the clothing in the city of Bandung, consumer products p-clothes is up to the provinces in Indonesia and even abroad, in which the use of website can be done by p-clothes to reach consumers.
At Research is using with the e-service quality. the definition of E-Service quality is a model of the quality of services online the most comprehensive and integrative, comprehensive and integrative because the dimensions that are relevant and thoroughly fulfill the need to evaluate the quality of services.
In the study, the sample study is online consumers p-clothes taken of social media Line @ P-Clothes which is where consumers are already visiting the website p-clothes and be taken as respondents of 374 of the respondents.
In a dimension e-service quality consists of 21 questions, which is spread to 374 of the respondents. At the level of performance dimensions e-service quality consists of 21 questions, which is spread to 374 of the respondents and eventually do measurements Importance Performance analysis (IPA) be used to see indicators of the measurement of service quality based on the level of performance and expectancy.
The conclusion for Performance e-service quality in the online shop p-clothes based on the results of descriptive as a whole is in the category of very good. The hope e-service quality in the online shop p-clothes based on the results of descriptive in keseluruhann be in the very high. Based on the results of research using the importance had analysis can be seen that the dimension of services that are important and needs to be improved, there are three dimensions of the reliability of a matter of the website always available to be accessed and aspects of the website always function properly as it should be (quick response in replying), The dimensions of the response of Mmemberikan the information the cause of the orders coming out in time and Object we seek compensation in the willing to do a cost of the product if there is running out of stock in the middle of the product.
Keywords : E-Service Quality, Importance Performance Analysis.