ABSTRAK
Kota Sawahlunto “Little Holland” terus berkembang dalam memajukan wisatanya, di dukung dengan potensi wisata Kota Sawahlunto yang memiliki bangunan tua yang sangat beragam,realistis tampaknya untuk menjadi salah satu kota tua terbaik di Indonesia. Penggunaan Media sosial dalam pariwisata merupakan yang tidak bisa terelakan lagi, bahkan pariwisata-pariwisata besar seperti Dubai memiliki account Instagram untuk branding wisata, ini menggambarkan bahwa effect sosial media untuk branding pariwisata begitu kuat.Hal inilah yang mendorong lahirnya account Instagram @Exploresawahlunto. Penelitian ini membahas tentang strategi Word of Mouth Marketing account Instagram @Exploresawahlunto. @Exploresawahlunto sendiri adalah account Instagram untuk memperkenalkan destinasi wisata yang ada di kota Sawahlunto. Word of Mouth Marketing sangat penting untuk memperkenalkan sebuah brand untuk dibicarakan secara positif oleh pasar yang dijadikan target.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini juga menggunakan teknik wawancara dengan narasumber Admin account Instagram @Exploresawahlunto, pakar Word of Mouth Marketingdan salah satu followers. Elemen Word of Mouth Marketing yang digunakan pada penelitian ini adalah talker, topic, tools, take a part, track dan timing. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diketahui bahwa strategi word of mouth marketing yang digunakan oleg account Instagram @exploresawahlunto berhasil membuat oraqng tertarik untuk mengikuti account Instagram tersebut dan menjadi pembicaraan oleh orang banyak dan membuat Kota Sawahlunto lebih dikenal dan dan ramai dikunjungi.
Kata Kunci:Word of Mouth Marketing, Media Sosial, Instagram