Evaluasi sistem informasi pada umumnya adalah untuk mengukur kepuasan
pengguna sistem informasi, sejauh mana sistem informasi dapat memenuhi kebutuhan
pengguna dalam membantu menyelesaikan tugasnya. Evaluasi sistem informasi juga
merupakan penilaian atas efektivitas suatu sistem informasi dan sekaligus untuk
mengidentifikasi kendala dan hambatan atas penerapannya. Oleh karena itu untuk
mengetahui apakah Sistem Informasi Global Talent ini sudah sesuai dengan
kebutuhan pengguna sekaligus untuk mengidentifikasi kendala atau hambatan selama
penerapan maka perlu dilakukan evaluasi terhadap penerapan Sistem Informasi
Global Talent ini.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan Sistem
Informasi Global Talent melalui dengan menggunakan Updated Delone and Mclean
Information System Success Model yang dimofifikasi. Dimana penelitian difokuskan
terhadap variabel System Quality, Information Quality, Service Quality, Management
Support, System Use dan User Satisfaction.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan sampel sebanyak 300 orang yang
merupakan pengguna Sistem Informasi Global Talent. Untuk mengukur model yang
diusulkan dalam penelitian ini dilakukan pengujian Outer Model dan Inner Model.
Selanjutnya dengan menggunakan bantuan Software SmartPLS versi 2.0. dilakukan
analisis terhadap data penelitian tersebut.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model yang diusulkan valid dan reliabel.
Dari lima hipotesis yang diteliti, empat hipotesis terbukti berpengaruh positif, yaitu
System Quality, Information Quality dan Management Support terbukti berpengaruh
positif dan signifikan terhadap System Use (R2=92,56%%) serta System Use terbukti
berpengaruh positif dan signifikan terhadap User Satisfaction (R2=87,61%).
Hasil penelitian membuktikan bahwa System Quality, Information Quality
berpengaruh terhadap System Use. Hal yang perlu menjadi perhatian adalah bahwa
untuk meningkatkan kepuasan pengguna Sistem Informasi Global Talent maka perlu
diperhatikan nilai-nilai yang mempengaruhi variabel System Quality, Information
Quality, Service Quality, Management Support, System Use dan User Satisfaction
yang membangun Updated DM IS Success Model sebagaimana yang dijelaskan dalam
penelitian ini.