Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang sangat baik dibutuhkan oleh perusahaan supaya target yang diinginkan oleh perusahaan dapat tercapai sepenuhnya. Dibutuhkan karyawan yang dapat menunjang perusahaan melalui karya, bakat, kreativitas, dorongan dan perannya untuk turut mensukseskan perusahaan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Agar semua itu dapat berjalan dengan baik perusahaan harus memberikan suatu imbalan dalam bentuk remunerasi kepada karyawannya.
Penelitian ini dilakukan di Kantor Pusat PT Pos Indonesia (Persero) Bandung. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gambaran mengenai kepuasan kerja karyawan yang ada di Direktorat SDM Kantor Pusat PT Pos Indonesia (Persero) Bandung serta bagaimana pengaruh remunerasi yang diberikan terhadap kepuasan kerja karyawan itu sendiri.
Metode penelitian dalam penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif dan studi kausal. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan Direktorat SDM Kantor Pusat PT Pos Indonesia (Persero) Bandung dengan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teknik sampling jenuh dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi sebanyak 69 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian deskriptif menunjukkan, remunerasi dan kepuasan kerja masing-masing berada dalam kategori cukup baik. Remunerasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan Direktorat SDM Kantor Pusat PT Pos Indonesia (Persero) Bandung.