iv
ABSTRAK
Musik dan video klip merupakan suatu kesatuan yang dapat memberikan inspirasi atau penghiburan bagi pendengar atau penontonnya. Hal tersebut seharusnya berlaku untuk semua musik dan video klip, termasuk video klip berjudul BAD yang diproduksi oleh youtubers Indonesia bernama Young Lex. Akan tetapi, faktanya video klip BAD milik Young Lex dan AwKarin ini mengandung unsur perilaku menyimpang pada remaja yang digunakan untuk dapat menarik perhatian masyarakat. Pada pertengahan tahun 2016, sosok AwKarin sebagai selebgram dan vloger tengah menjadi perbincangan bagi masyarakat karena gaya hidupnya yang menggambarkan kenakalan remaja dan dianggap dapat merusak moral bangsa. Peneliti tertarik untuk meneliti fenomena ini karena peneliti mengidentifikasi bahwa telah terjadi proses komodifikasi yang dilakukan terhadap perilaku menyimpang remaja, sehingga penelitian ini berjudul “Komodifikasi Perilaku Menyimpang Remaja Dalam Media Sosial (Analisis Semiotika pada Video Klip BAD di YouTube)”.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk komodifikasi perilaku menyimpang yang terjadi di media sosial YouTube. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotika. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan teori “The Codes of Television” milik John Fiske. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi proses komodifikasi atas perilaku menyimpang yang dilakukan oleh remaja pada video klip BAD dalam level realitas dan level representasi.
Kata kunci : Komodifikasi, Video Klip, Media Sosial, Semiotika, Kode Televisi