Perancangan Alat Ukur Sistem Manajemen Kinerja Departemen Pemasaran PT XYZ (Persero) menggunakan Metode Integrated Performance Management System

HERNANDA PRADITYA

Informasi Dasar

110 kali
17.04.845
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem manajemen kinerja merupakan suatu pendekatan sistemik untuk memperbaiki kinerja melalui proses berkelanjutan dan berjangka panjang. Pengukuran kinerja sendiri digunakan perusahaan untuk mengevaluasi proyek dan kondisi perusahaannya menggunakan pengukuran finansial dan non finansial yang membandingkan kinerja perusahaan dengan perusahaan lain. Sebuah organisasi perlu dipantau dan dinilai untuk mengukur kinerja perusahaan dengan Indikator Kinerja. Dengan adanya indikator kinerja, maka perusahaan dapat mengevaluasi, mengontrol dan mengukur tingkat keberhasilan dalam upaya pencapaian tujuan perusahaan. Departemen Pemasaran PT XYZ (Persero) merupakan salah satu departemen yang menjadi salah satu tolak ukur dari kinerja perusahaan yang sedang berusaha bangkit dari masa degradasi kinerja finansial. Hal ini memerlukan adanya perancangan system manajemen kinerja yang komprehensif. Sistem manajemen kinerja yang ada belum menunjukkan perimbangan antara keluaran finansial dan kebutuhan stakeholder. Belum adanya alat ukur kinerja yang mengukur pada departemen menjadikan system manajemen kinerja yang telah dirancang oleh direksi kurang sesuai terhadap fungsi terhadap kinerja departemen sehingga terjadi ketimpangan dalam hal mengoperasikan indikator kinerja pada level departemen. Tujuan utama dari penelitian ini adalah sebagai berikut: i) mengusulkan rancangan alat ukur kinerja untuk Departemen Pemasaran PT XYZ (Persero) dengan pendekatan kerangka kerja Integrated Performance Management System, ii) merancang Strategy Map untuk memetakan kinerja pada Departemen Pemasaran PT XYZ (Persero), iii) mengetahui Keys Performance Indicator yang berpengaruh terhadap keberhasilan kinerja pada Departemen Pemasaran PT XYZ (Persero), iv) mengetahui hubungan antar indikator kinerja pada Departemen Pemasaran PT XYZ (Persero), v) mengetahui Keys Performance Indicator pada level divisi melalui cascading Departemen Pemasaran. Adapun metodologi yang digunakan untuk penelitian ini didasarkan pada tinjauan literatur mengenai system manajemen kinerja, indikator kinerja, rencana strategis, Annual Report PT XYZ (Persero), fungsi dari setiap divisi pada Departemen Pemasaran, dan wawancara dengan Kepala Divisi Account selaku praktisi lapangan. Perancangan system manajemen kinerja didasarkan pada kerangka kerja Integraed Performance Management System dengan tiga perspektif, yaitu Keluaran Organisasi, Proses Internal, dan Kemampuan Sumber Daya. Keluaran Organisasi terkait dengan aspek finansial dan non finansial. Pada perspektif Proses Internal, ditetapkan variabel kinerja yang berkaitan dengan peningkatan produktivitas operasional departemen, seperti inovasi produk, inovasi proses, keberhasilan proyek, akurasi peramalan pasar, efisiensi pengembangan pasar, dan lain sebagainya. Sedangkan pada perspektif Kemampuan Sumber Daya ditetapkan variabel kinerja yang berkaitan dengan produktivitas karyawan, indeks kompetensi karyawan, kepuasan karyawan, dan tingkat penggunaan software. Selanjutnya proses pembobotan indikator menggunakan Analytical Hirearchy Process (AHP) dan selanjutnya di cascading ke level divisi yang ada di Departemen Pemasaran.

Subjek

PERFORMANCE MANAGEMENT
 

Katalog

Perancangan Alat Ukur Sistem Manajemen Kinerja Departemen Pemasaran PT XYZ (Persero) menggunakan Metode Integrated Performance Management System
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HERNANDA PRADITYA
Perorangan
BUDI PRAPTONO, ATYA NUR AISHA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini